Megawati puas dengan pidato Presiden Jokowi

id megawati, mantan presiden

Megawati puas dengan pidato Presiden Jokowi

Megawati Soekarnoputri (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri merasa puas dengan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya di Gedung MPR/DPR Senayan Jakarta, Senin.

"Itu sebuah 'statement' yang betul-betul bagus sekali karena bagaimana pun juga realitanya kan Indonesia negara maritim sejak lama sekali, (tapi) kita selalu melihat sebagai sebuah daratan," kata Megawati menanggapi pidato Jokowi soal mengembalikan Indonesia sebagai Negara Maritim yang jaya.

Menurut Megawati, selama kebijakan terkait peningkatan kemaritiman Indonesia kurang mendapat perhatian dari pemerintah sebelumnya.

"Sangat disayangkan sekali bahwa selama ini kekuatan maritim kita dan hal-hal yang ada hubungannya dengan kelautan itu tidak begitu diangkat menjadi maksimal," ucapnya.

Sedangkan terkait ajakan Presiden Joko Widodo untuk bekerja keras dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, Megawati menilai itu pernyataan yang baik.

"Itu satu statement yang juga bagus karena sebetulnya budaya kita ini gotong royong, jangan sampai melupakan ajaran itu," ujarnya.

Dalam pidato kenegaraannya yang pertama, Presiden Joko Widodo meminta seluruh elemen bangsa turut bekerja bersamanya membangun bangsa.

"Kerja besar membangun bangsa tidak mungkin dilakukan sendiri oleh Presiden, Wakil Presiden atau pun jajaran pemerintahannya.  Tetapi membutuhkan topangan kekuatan kolektif yang merupakan kesatuan seluruh bangsa," kata Presiden.

Presiden Joko Widodo juga mengatakan akan mengembalikan kejayaan bangsa Indonesia di wilayah kelautan.

"Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, memunggungi selat dan teluk. Kini saatnya kita mengembalikan semuanya, sehingga 'Jalesveva Jayamahe', di laut justru kita jaya, sebagai semboyan nenek moyang kita di masa lalu bisa kembali membahana," ujar Presiden.