Pemkot ajak warga bersihkan sluran air

id saluran air, pembersihan saluran air

Pemkot ajak warga bersihkan sluran air

Pembersihan saluran air (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang, Sumsel, mengajak masyarakatnya bergotong royong membersihkan saluran air atau drainase agar kebersihan lingkungan terjaga dan terbebas dari genangan.

"Membersihkan drainase merupakan salah satu kunci menjaga kebersihkan lingkungan dan mengantisipasi genangan air," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Palembang Hardayani ketika bersama masyarakat membersihkan saluran air di kawasan Seduduk Putih, Minggu.

Menurut dia, selama ini masyarakat masih banyak yang menjadikan drainase sebagai tempat pembuangan sampah.

Akibatnya, saluran air tersebut tidak berfungsi dengan optimal karena terjadi penumpukan sampah dan endapan tanah, tambahnya.

Ia mengatakan, dengan dibersihkan rutin dan tidak lagi menjadikan drainase sebagai tong sampah akan berfungsi optimal. Aliran air hujan maupun limbah cair rumah tangga tidak akan menggenang di saluran.

Sementara Hidayat (45) mengakui gotong royong membersihkan saluran air memang masih jarang dilakukan. Namun, dengan dimulai bersama pemkot akan menjadi langkah awal yang dapat mendorong masyarakat rutin membersihkan drainase, ujarnya.

Dia menambahkan, warga antusias mengikuti gotong royong membersihkan saluran air.

Apalagi, sejak musim kemarau ini terjadi peningkatan volume endapan sampah di dalam saluran air, tambahnya.