Puskesmas Sekarjaya OKU berikan binaan Posbindu PTN

id puskesmas, puskesmas bina posbindu ptn

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Puskesmas Sekarjaya Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan program pembinaan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular atau Posbindu PTN, guna memberikan pelayanan pentingnya menjaga kesehatan.

Kepala Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) Puskesmas Sekarjaya, Edi Arman di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa pihaknya terus memberikan pelayanan dan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan melalui pembinaan kepada masyarakat khususnya di wilayah kerjanya.

Dijelaskannya, Posbindu PTN ialah pelayanan pemeriksaan pencegahan penyakit tidak menular yang berkembang di masyarakat.

Melalui Pos bianaan itu, kata dia, masyarakat bisa berkonsultasi baik mengenai cara pencegahan, pengobatan serta langsung mendapat pelayanan oleh puskesmas khusus penyakit tidak menular.

"Seperti penyakit jantung, berat badan, struk, pemeriksaan tekanan darah dan lainnya yang bukan penyakit menular maka akan dilayani di Posbindu ini," katanya.

Menurutnya, hal itu dilakukan mengingat masyarakat kurang memperhatikan kesehatan, sehingga banyak penyakit menular yang mengancam kelangsungan hidup.

Salah satunya akibat kurangnya pola hidup sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Sementara, upaya yang dilakukan dengan jemput bola, karena pihaknya ingin masyarakat itu paham bahwa mahalnya arti sehat," jelasnya.

Dikemukakannya, pelayanan kesehatan juga diberikan bagi penghuni Lembaga Pemasyarakatan Sarang Elang Baturaja yang mereka laksanakan rutin setiap tanggal 15 bulan berjalan.

"Ini juga baru beberapa bulan kami laksanakan, sebelumnya UPTD Puskesmas Kemalaraja yang berikan pelayanan tapi kami ambilalih, karena masuk wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya," ujarnya.