Megawati akan hadiri pelantikan Jokowi-Jk

id megawati, mantan presiden ri

Megawati akan hadiri pelantikan Jokowi-Jk

Megawati Soekarnoputri (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Mantan Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2014.

"Dalam pertemuan tadi, Bu Megawati mengucapkan selamat atas terpilihnya pimpinan MPR baru dan menyatakan kesiapannya untuk hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis.

Puan menjelaskan dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu disimpulkan pimpinan MPR dan Megawati sepakat bahwa berbagai keputusan yang diambil di MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat.

Menurut dia, prinsip musyawarah untuk mufakat itu dilakukan demi membangun bangsa dan negara.

"Saya merasa adem ayem karena tradisi yang sudah dijalankan Pak Taufiq Kiemas bisa diteruskan pimpinan MPR baru," ujarnya.

Dia menilai hal yang sudah dilakukan Taufiq Kiemas bisa diteruskan pimpinan MPR baru, misalnya sosialisasi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan dalam pertemuan selama satu jam di kediaman Megawati, pimpinan MPR menyampaikan beberapa hal pertama, ucapan terima kasih bahwa pemilihan pimpinan MPR berlangsung secara demokratis.

Pimpinan MPR menurut dia juga mengapresiasi PDI Perjuangan yang berkomitmen untuk ikut serta dalam sidang paripurna MPR hingga selesai.

"Kedua, kami menyampaikan undangan dan rincian acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober . Ibu Megawati mengatakan akan hadir dan itu menunjukkan sosok kenegarawanan beliau," katanya.

Ketiga menurut dia, pimpinan MPR menyampaikan dalam waktu dekat akan menerusakan tradisi silaturahin ke para pimpinan partai politik dan tokoh bangsa.

Dia mengatakan pimpinan MPR telah melakukan kunjungan seperti ke Ketua PAN Hatta Rajasa dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie pada Rabu (15/10) sebagai bentuk menjalankan politik kebangsaan.

Pimpinan MPR yang hadir adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan, bersama para Wakil Ketua, Oesman Sapta Odang, EE Mangindaan, dan Mahyudin. Megawati didampingi Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Ahmad Basarah dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.