Pencak Silat diusulkan dipertandingkan pada Asian Games

id alex noerdin, gubernur sumsel

Pencak Silat diusulkan dipertandingkan pada Asian Games

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pencak silat akan dipertandingkan pada Asian Games di Indonesia karena cabang olahraga tersebut merupakan warisan nenek moyang bangsa.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya akan mengusulkan cabang olahraga tradisonal tersebut dipertandingkan pada Asian Games.

Memang, pada Asian Games lalu tidak dipertandingkan, tetapi tuan rumah bisa mengusulkan cabang olahraga lainnya.

Oleh karena itu, selaku tuan rumah maka cabang olahraga tersebut akan dipertandingkan pada pesta olahraga internasional mendatang.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu cabang olahraga pencak silat banyak digemari masyarakat sehingga itu perlu dipertandingkan.

Ketika ditanya mengenai tempat pertandingan sendiri, gubernur mengatakan, itu memang belum ada pembagian.

Nantinya untuk pembagian tempat cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games akan ditentukan panitia, katanya.

"Yang jelas, tempat pertandingan Asian Games di dua lokasi yakni Sumsel dan Jakarta," jelasnya.

Hal ini karena saat pertemuan dengan panitia internasional lalu Sumsel dan Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah, kata dia.

Menurut dia, Sumsel nantinya akan menjadi tuan rumah pertandingan cabang olahraga bergengsi karena fasilitas dimiliki sudah ada dan bertaraf internasional.

Sehubungan itu, pihaknya minta supaya seluruh lapisan masyarakat mendukung agar Asian Games berjalan sukses, tambah dia.