Kapolri siagakan 22 ribu personel amankan pelantikan Presiden

id kapolri, jenderal pol sutaran

Kapolri siagakan 22 ribu personel amankan pelantikan Presiden

Kapolri Jenderal Pol Sutarman (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kapolri Jenderal Sutarman mengatakan, telah menyiagakan 22 ribu lebih personel pengamanan pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla.

"Untuk pengamanan pelantikan, kami akan turunkan 22.000 lebih personel TNI/Polri," kata Sutarman di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Kapolri memaparkan, penjagaan pengamanan dibagi menjadi empat ring yaitu ring 1 (di dalam gedung MPR/DPR/DPD), ring 2 (halaman gedung MPR/DPR/DPD), ring 3 (jalan raya di sekitar Gedung MPR/DPR/DPD), dan ring 4 (sejumlah sentra-sentra perekonomian seperti pusat perbelanjaan).

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman memperkirakan acara pelantikan Calon Presiden terpilih Joko Widodo akan berjalan lancar, dan tanpa adanya gangguan yang signifikan.

"Untuk tanggal 20 Oktober saat pelantikan, tidak ada indikasi yang menunjukkan acara pelantikan akan mendapatkan gangguan yang berarti," ujar Marciano Norman.

Marciano Norman menyebutkan program pelantikan Jokowi tersebut, "Insya Allah berjalan sesuai rencana" dan "tidak perlu dikhawatirkan".

Untuk itu, Kepala BIN juga mengharapkan berbagai pihak termasuk media massa dapat membangun atmosfer yang kondusif. "Media agar menciptakan suasana yang kondusif," katanya.

Sebelumnya, Kepolisian Negara RI berencana mengerahkan petugas dari tujuh wilayah polda untuk membantu pengamanan pelantikan Jokowi-JK.

"Ada tujuh polda yang akan ditarik ke Jakarta yakni Polda Jateng, Polda Jabar, Polda Jatim, Polda Lampung, Polda Banten, Polda Sumsel dan Polda Kalbar," kata Kapolri Jenderal Polisi Sutarman di Jakarta, Jumat (10/10).

Polri pun sudah mewaspadai setiap ancaman dan kerawanan yang akan terjadi dengan mempersiapkan petugas yang siaga menghadapi berbagai kemungkinan. "Setiap kerawanan apapun, sudah kita prediksi, dari situ kita siapkan kekuatan personel," ujarnya.