KMP Musirawas gelar konvensi calon bupati 2015

id pilkada, calon bupati

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Koalisi Merah Putih di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan menggelar konvensi bakal calon Bupati Musirawas 2015-2020 karena banyak kader masing-masing partai yang tergabung mengajukan calonya sendiri-sendiri.

Dengan adanya pola konvensi tersebut nantinya akan terjaring kader yang terbaik untuk menjadi Bakal Calon Bupati Musirawas lima tahun ke depan, kata salah satu pengurus partai yang tergabung dalam Koalisis Merah Putih (KMP) I Wayan Kocap, Senin.

Ia mengatakan dari masing-masing partai yang tergabung dalam KMP sudah menyiapkan kader untuk masuk dalam bursa balon bupati antara lain partainya sendiri yaitu PAN, Gerindra, Golkar dan Partai Demokrat.

Kandidat eksternal non partai yang tergabung dalam perebutan calon bupati dan berkomunikasi dengan DPD PAN hingga saat ini baru dua nama yaitu berasal dari birokrasi.

Sedangkan partai lainnya juga banyak bermunculan kader-kader minta usung terutama dari jajaran birokrasi dan kader swasta yang berpotensi yang siap ikut konvensi sehingga nantinya akan ditemukan calon pemimpian memiliki kredibilitas dan kemampuan baik.

Calon dari partai tetap akan mendapat perstujuan dari DPP demikian juga partai lainnya yang tergabung dalam KMP, tetap berpeluang menerima kandidat ekternal non partai dan tetap memilih kader yang berpotensi untuk memenangkan pertarungan pada bursa pemilihan Bupati Musirawas priode 2015-2020.

Namun demikian tetap menunggu sistem pemilihan kepala daerah yang ditentukan DPR pusat apakah melalui pemilihan langsung seperti selama ini atau akan memlalui pemilihan dari DPRD, ujarnya.

Bagi kader yang akan maju dalam bursa calon bupati Musirawas sekarang tetap melakukan pendekatan dengan pengurus partai antara lain H Hendra Gunawan yang saat ini menjabat Wakil Bupati Musi Rawas dan beberapa bakal calon dari birokrasi lainnya.

Informasi yang dihimpun dari berbagai pengurus Partai Demokrat Kabupaten Musirawas mengakui bahwa H Hendra Gunawan mulai melakukan pendekatan untuk minta dukungan menuju Pilkada 2015.

Dalam pertemuan beberapa hari lalu itu baru sebatas wacana pencalonan karena masih menunggu kepastian sistem pilkada yang akan diberlakukan 2015, apakah mengacu perpu sedang dibahas DPR RI atau UU Pilkada 2014 yang telah disahkan.

"Walaupun belum ada kepastian, dalam pertemuan itu H Hendra Gunawan tetap meminta dukungan dari Partai Demokrat untuk maju dalam Pilkada Bupati Musirawas 2015," ujarnya sumber belum bersedia disebutkan namannya itu.