Sekda Sumsel sambut kedatangan jamaah haji

id haji, jamaah haji

Sekda Sumsel sambut kedatangan jamaah haji

Sekda pemprov Sumsel sambut kedatangan jamaah haji kloter pertama di Palembang, Sabtu (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan H Mukti Sulaiman menyambut kedatangan jamaah haji kelompok terbang pertama asal Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Palembang.

Jamaah haji kelompok terbang pertama berjumlah 451 itu tiba dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu.

Menurut Sekda, jamaah haji Sumsel tiba dengan selamat dan tidak mengalami hambatan.

Jamaah haji Sumsel diharapkan menjadi haji mabrur

seperti apa yang diharapkan bersama, ujar dia.

Selain itu ibadah yang dilaksanakan selama di tanah suci hendaknya ditingkatkan lagi sehingga keimanan semakin baik.

Kakanwil Kemenag Sumsel H Hambali mengatakan, jumlah mereka saat berangkat 450 orang, termasuk lima petugas.

Namun ada satu jamaah yang meninggal di Tanah Suci dan ada dua jamaah pindahan dari kloter lain yang bergabung, sehingga total jamaah yang pulang 451 orang.

Jamaah yang meninggal di tanah suci dari kelompok terbang pertama itu adalah Siti Arwati Adam (66) asal OKI, yang meninggal di Pemondokan Mekah.

Sementara dua jamaah tanazul atau yang memutuskan pulang lebih awal adalah Chair Jauhari Hamdan dari Kloter 3 dan Pandiarsyah Musthafa dari Kloter 10, ujar dia.

Dia merasa bersyukur karena proses pemulangan jamaah Kloter 1 berjalan lancar.

Memang ada 10 jamaah yang mesti dibawa dengan bantuan mobil ambulan, karena kelelahan dan kondisi fisik yang lemah. Namun setelah diperiksa tim kesehatan PPIH Debarkasi Palembang, mereka dinyatakan dalam keadaan baik dan diizinkan langsung pulang ke rumah masing-masing.