KOI: dibutuhkan anggaran infrastruktur Asian Games 2018

id koi, perlu anggaran asian games

KOI: dibutuhkan anggaran infrastruktur Asian Games 2018

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ketua Komite Olahraga Indonesia Rita Subowo mengatakan dibutuhkan dukungan anggaran guna pengadaan infrastruktur penunjang kegiatan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia.

"Kita harus fokus terhadap cabang olahraga yang unggul pada nomor-nomor unggulan, bagaimana kita bisa melobi nomor tersebut untuk bersaing dengan 45 negara yang lain pada event 2018," kata Rita di Jakarta, Rabu.

Sistem perlengkapan pertandingan terutama mengenai infrastruktur sampai sejauh ini belum ada. "Jadi, perlu ada kerja sama yang baik dengan pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, anggaran itu menjadi hal serius yang harus diperhatikan pada pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. "Bagi setiap atlet," ujarnya.

Perlengkapan penunjang kejuaran harus lengkap. KONI dan KOI harus bekerja lebih keras untuk pengadaan kelengkapan olahraga terutama untuk dipakai di Asian Games.

"Perlengkapan pertandingan apa saja yang belum diterima harus diperhatikan, lebih awal disediakan perlengkapan pertandingan dan pelatihan," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, para atlet aman dalam berlatih. "Kita juga harus bersatu melindungi hak hak mereka (atlet) untuk meraih medali emas," ujarnya.

Perlu juga terobosan baru kedepan, Contoh bowling juga harus disesuaikan karena oil dan lintasan juga harus diperbaiki. "Ini juga salah satu hal yang harus diperbaiki," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Alfitra Salam mengatakan perlu ada penghitungan biaya bagi atlet, hal itu masuk dalam kategori politik anggaran dan perlu ada intervensi pemerintah, jika dibanding dengan Malaysia, dan negara-egara Asia lainya.

Terkait hal itu, tambah dia, perlu intervensi dari Presiden, tidak bisa dari menteri. Presiden harus mengeluarkan sebuah kebijakan mengenai pengalokasian anggaran khusus untuk olahraga.