Pelaku ketahanan pangan di Muba mendapat penghargaan

id ketahanan pangan, kabupaten muba, penghargaan, berikan penghargaan apn, apn untuk pelaku ketahan pangan adhikarya pangan nusantara

...Penghargaan berupa Adhikarya Pangan Nusantara (APN) diberikan kepada 11 orang yang terdiri atas aparatur dan masyarakat dengan empat kategori penghargaan (reward)...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, melalui Badan Ketahanan Pangan, memberikan penghargaan kepada pelaku ketahanan pangan atas jasa dan karyanya dalam menjaga ketahanan pangan di Bumi Serasan Sekate ini.

"Penghargaan berupa Adhikarya Pangan Nusantara (APN) diberikan kepada 11 orang yang terdiri atas aparatur dan masyarakat dengan empat kategori penghargaan (reward)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Musi Banyuasin, A Suandi, di Sekayu, Jumat.

Dia menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong semangat kreatifitas dan partisipasi masyarakat, serta memotivasi aparatur pemerintah untuk mengambil peran dan memacu daerah dalam upaya mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.

Penghargaan APN 2014 ini diberikan kepada penerima sesuai dengan kategorinya masing-masing yakni kategori Pemangku Ketahanan Pangan, Pelaku Ketahanan Pangan, Pelayanan Ketahanan Pangan, dan Kategori Pembina Ketahanan Pangan.

Sedangkan untuk kategori Pelopor Ketahanan Pangan, pada 2014 ini belum ada yang dinilai pantas menerimanya, karena berdasarkan penilaian tim penentu penerima penghargaan APN, hingga kini belum ada masyarakar dan aparatur pemerintah daerah ini yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan pada pedoman APN.

Sedangkan untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan, peringkat pertama diberikan Kepala Desa Pangkalan Bayat, Kecamatan Bayung Lencir, peringkat kedua diberikan kepada Kepala Desa Sialang Agung, sedangkan peringkat ketiga diberikan kepada Lurah Mangun Jaya.

Untuk kategori Pelayanan Ketahanan Pangan (Penyuluh Pertanian), untuk peringkat pertama diberikan kepada Penyuluh Pertanian dari Kecamatan Babat Toman, peringkat kedua diberikan kepada penyuluh pertanian dari Kecamatan Plakat Tinggi, dan peringkat ketiga diberikan kepada penyuluh pertanian dari Kecamatan Bayung Lencir.

Kemudian, untuk kategori Pemangku Ketahanan Pangan, peringkat pertama dan kedua diberikan kepada dua orang dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba, serta kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, peringkat pertama diraih Kelompok Tani Gapoktan Desa Pangkalan Bayat, Kecamatan Bayung Lencir, peringkat kedua diraih oleh Kelompok Tani Sumber Rejeki, Desa Suka Damai, Kecamatan Sungai Lilin, kemudian peringkat ketiga diraih oleh Sunarti, Desa Toman, Kecamatan Babat Toman, ujarnya.