Presiden SBY resmikan asrama mahasiswa Indonesia di Kairo

id presiden, presiden sby, resmikan asrama mahasiswa, asrama mahasiswa di kairo mesir, universitas al azhar

Presiden SBY resmikan asrama mahasiswa Indonesia di  Kairo

Presiden SBY.(FOTO ANTARA)

...Selama ini mahasiswa kita di Mesir banyak yang tinggal di tempat yang kumuh dan jauh dari kampus, asrama ini untuk menyiapkan tempat yang layak dan aman...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Asrama Mahasiswa Indonesia "SBY" di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, yang terdiri dari empat gedung dengan kapasitas 1.200 mahasiswa.
       
Acara penandatangan prasasti asrama mahasiswa itu dilakukan di halaman Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seusai salat Jumat.
        
Acara itu dihadiri sejumlah menteri antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menlu Marty Natalegawa, Mensos Salim Segaf Al-Jufri, Seskab Dipo Alam, dan Kapolri Jenderal Sutarman. Hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Presiden Boediono.
       
"Selama ini mahasiswa kita di Mesir banyak yang tinggal di tempat yang kumuh dan jauh dari kampus...asrama ini untuk menyiapkan tempat yang layak dan aman," kata Muhammad Nuh saat memaparkan proses pembangunan  gedung asrama itu yang telah dimulai pada 3 Febuari 2013.
       
Menurut Mendikbud, gedung asrama itu terletak di kawasan Nasr City, Kairo dan berada di kompleks Universitas Al-Azhar. Pembangunan asrama itu merupakan hibah dari Pemerintah Indonesia dengan payung hukum keputusan presiden sementara lahannya merupakan hibah dari pihak Al-Azhar.
       
Setiap gedung asrama akan terdiri dari enam lantai dengan lantai satu hingga lima masing-masing berisi 15 kamar sedangkan lantai dasar berisi delapan kamar, ruang kantor, perpustakaan, ruang belajar dan ruang komputer.
       
Mendikbud juga menjelaskan bahwa nantinya asrama itu akan dihuni oleh sekitar 600 mahasiswa Indonesia, 300 mahasiswa Mesir dan 300 mahasiswa negara lain yang berprestasi.
       
Presiden Yudhoyono menyambut baik gagasan tersebut karena keberagaman itu bagus untuk memupuk toleransi. "Ini baik, ini kebersamaan, serta bentuk persaudaraan dan persatuan sesama umat Islam, khususnya mahasiswa-mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di sana," ujarnya.
       
Pada 6 Febuari 2013 di sela-sela menghadiri Konferensi Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Presiden Yudhoyono telah meninjau langsung ke Universitas Al Azhar untuk  melihat proses pembangunan asrama dan bertemu dengan ribuan mahasiswa Indonesia.
       
"Di situlah kita matangkan rencana pembangunan asrama ini. Saya berbincang dengan pimpinan Al Azhar dan para mahasiswa, dan bulatlah sudah bahwa asrama ini perlu segera dibangun dan dihadirkan," katanya.
      
Lebih lanjut ia menyatakan bahwa doktrin dari Universitas Al Azhar selaras dengan cita-cita dan tujuan Islam yaitu menaburkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam dan menjadikan umat Islam sebagai umat yang mencintai perdamaian.