Dinas Peternakan Sumsel periksa 5.000 hewan kurban

id hewan kurban, dinas peternakan periksa kesehatan hewan kurban, kurban, sapi, kambing, pasar hewan kurban, hewan, ternak

Dinas Peternakan Sumsel periksa 5.000 hewan kurban

Tim tengah melakukan pemeriksaan hewan kurban di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Distan berupaya membantu masyarakat dengan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan ternak seperti sapi dan kambing yang akan dikurbankan, sehingga terbebas dari penyakit yang berbahaya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Peternakan Sumatera Selatan telah melakukan pemeriksaan sekitar 5.000 sapi dan kambing yang akan dijadikan hewan kurban masyarakat Muslim provinsi setempat pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah.

Berdasarkan data tim yang turun ke lapangan, hingga kini sekitar 3.000 sapi dan 2.000 kambing telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya dan dinyatakan memenuhi persyaratan untuk dijadikan hewan kurban, kata Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan, Max Sulastiyono di Palembang, Kamis.

Distan berupaya membantu masyarakat dengan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan ternak seperti sapi dan kambing yang akan dikurbankan, sehingga terbebas dari penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia serta tidak cacat secara fisik sesuai anjuran agama Islam.

"Hewan kurban tidak boleh sakit dan cacat seperti buta, pincang, kuping serta ekornya harus utuh, cukup umur yakni sapi telah berumur dua tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari satu tahun, serta tidak boleh kurus atau beratnya harus ideal," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan diturunkannya tim tersebut, secara umum pihaknya menjamin hewan ternak yang diperdagangkan di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu dalam kondisi baik, layak dijadikan hewan kurban dan dikonsumsi masyarakat.

Melihat kondisi lapangan di sentra penjualan hewan kurban di provinsi yang berpenduduk mayoritas muslim itu, selain menjamin layak dikurban pihaknya menjamin stok hewan ternak tersedia dalam jumlah cukup atau sesuai kebutuhan masyarakat.

Stok hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini yang diperkirakan jatuh pada 5 Oktober 2014, tersedia cukup banyak, karena pedagang telah melakukan persediaan dengan mendatangkan sapi dan kambing dari provinsi tetangga bahkan dari Pulau Jawa.

Sebagai gambaran, hewan kurban yang dipasarkan di Kota Palembang dalam jumlah cukup banyak yang didatangkan dari sejumlah daerah Sumsel seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Musirawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, serta dari luar provinsi Sumsel seperti dari Lampung, Bengkulu, dan Jawa," ujarnya.