KONI menilai Asian Games satukan budaya bangsa

id asian games, upaya satukan budaya bangsa

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia menilai, pelaksanaan Asian Games di Incheon, Korea Selatan, 19 September - 4 Oktober 2014 selain sebagai ajang kegiatan olahraga juga upaya mempersatukan budaya bangsa dengan memperkenalkan budaya daerah.

Hal ini karena kesenian daerah termasuk Sumatera Selatan yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 juga turut tampil dalam pesta olahraga internasional di Korea Selatan itu, kata Ketua Bidang Promosi KONI Sumsel Nirmala Dewi dalam rilisnya yang diterima Antara Palembang, Kamis.

Menurut dia, penampilan seni budaya Sumatera Selatan yang digelar dalam ajang promosi dan sosialisasi Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018, menjadi momen pertukaran seni dan budaya antarbangsa.

Bahkan, warga tuan rumah Asian Games ikut berbaur dalam pagelaran kesenian khas Sumsel di Korea Selatan tersebut.

Bukan itu saja, tetapi selama pagelaran budaya selalu ramai dikunjungi masyarakat Korea Selatan termasuk peserta Asean Games dan mereka tertarik melihat kesenian daerah Sumatera Selatan.

Menurut dia, kebudayaan tuan rumah juga ikut berbaur dengan kesenian Sumsel sebagai upaya mempererat jalinan kerja sama di bidang seni dan budaya antar Indonesia-Korea Selatan.

Tempat pameran yang digelar selalu ramai dikunjungi warga Korea maupun mancanegara, kata penanggung jawab kesenian utusan KONI Sumsel yang mewakili Indonesia itu.

Ia menilai, mereka sangat terkesan dengan kebudayaan Indonesia khususnya Sumsel, apalagi didukung dengan penampilan para penari yang mengenakan pakaian adat Palembang secara lengkap.

"Selama pameran berlangsung pihaknya selalu menyajikan berbagai penampilan serta menyuguhkan hasil kerajinan dan makanan khas Sumsel," katanya.

Masyarakat yang hadirpun tidak segan-segan untuk mencoba makanan khas Sumsel sekaligus foto bersama penari.

Setiap hari pihaknya selalu menyajikan makanan khas Sumsel seperti kerupuk dan pempek yang sengaja dibawa ke Korea dengan jumlah cukup banyak.

Dengan ramainya warga Korea yang berkunjung, para penari dari tuan rumah akhirnya juga ikut bergabung sebagai bentuk kerja sama dan saling memperkenalkan seni budaya Korea Selatan - Indonesia.

Sementara salah seorang penari Korea, Sing Mi Sun menyatakan sangat senang bisa berbaur dan berbagi pengalaman di bidang seni budaya.

Pihaknya sangat terkesan dengan kebudayaan Indonesia, kebudayaan Sumsel sangat indah dan senang bisa ikut bersama-sama mengenalkan kepada masyarakat peserta Asian Games, kata dia.