Polres OKU razia amankan puluhan motor

id polres, polres oku

Polres OKU razia amankan puluhan motor

Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar razia rutin berhasil mengamankan puluhan kendaraan motor yang pengemudinya melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Mulyadi didampingi Kasat Lantas AKP Irwan Andeita di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa razia yang dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menegakkan disiplin berlalu lintas terutama bagi para pengendara sepeda motor.

Dikatakannya, sasaran razia menyetop serta memberikan penindakan berupa sanksi tilang bagi para pengendara sepeda motor yang tidak memiliki kelengkapan surat menyurat atau tanpa menggunakan helm.

Pantauan di lapangan, saat petugas mulai melaksanakan razia belasan lebih bahkan puluhan pengemudi kendaraan sepeda motor terjaring razia.

Dikatakan Kasat, selain menertibkan penggunaan helm dan disiplin berlalu lintas, razia rutin tersebut juga bertujuan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan akibat pengendara maupun yang dibonceng, karena tidak memakai alat pelindung kepala saat berkendaraan.

Pasalnya bagian kepala merupakan organ vital yang harus dilindungi bagi setiap pengendara saat terjadinya benturan langsung ketika kecelakaan lalu lintas.

Dari gelar razia rutin yang dilakukan tersebut, sedikitnya ada lima sasaran pelanggaran yang kerap dilakukan para pengendara baik sepeda motor maupun mobil antara lain penggunaan helm serta penggunaan sabuk keselamatan bagi pengendara mobil.

Selain itu para pengemudi tidak sadar dalam keadaan mabuk akibat pengaruh obat-obatan atau narkoba, para pengemudi sambil menggunakan telepon genggam serta tidak sesuai peruntukkannya atau melebihi muatan.

"Contohnya penggunaan angkutan kota yang penumpangnya melebihi kapasitas biasanya terjadi untuk angkot pedesaan di kecamatan atau becak motor," ujarnya.