Nasir Agun akan maju Pilkada Bupati OKU

id pilkada, pilkada bupati oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Mantan Ketua DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Nasir Agun siap mencalonkan diri menjadi bupati pada Pemilihan Kepala Daerah OKU 2015.

"Kalau dulu pemilihan langsung saya tidak mau mencalonkan diri, namun sekarang sistem pemilihan kepala daerah berubah yakni melalui DPRD. Inilah alasan saya siap bersaing menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Nasir Agun saat dihubungi di Baturaja, Senin.

Disinggung mengapa ia pusing jika pemilihan secara langsung, banyak alasan, antara lain praktik politik uang akan terjadi, katanya.

Menurut dia, kalau pilkada dipilih DPRD resiko ini kemungkinan kecil terjadi, karena anggota DPRD pastinya akan diawasi ketat oleh KPK, sehingga mereka akan ada rasa takut.

Untuk bersaing dengan calon lain di pilkada tak langsung ini, kata Nasir, mereka punya cara tersendiri, ada trik khusus para anggota dewan yang mempunyai hak pilih bisa memberikan toleransi.

"Ya, kalau tidak langsung kan yang diurus cuman 35 orang atau 52 persennya dari jumlah anggota dewan saja cukup. Kita juga tidak terlalu berisiko berhadapan dengan KPK," tegasnya.

Disinggung perahu partai mana akan mengusungnya nanti, menurut dia, diutamakan Partai Bulan Bintang (PBB) dan bersama partai lain yang jumlah kursinya cukup.

"Bisa disepakati degan mereka suatu langkah yang aman dari jerat hukum KPK dan penegak hukum. Sepanjang ada saling kepercayaan dan pengertian kedua belah pihak, hubungan itu akan terjalin," kata Nasir tanpa menyebutkan contoh trik khususnya itu.

"Ini termasuk rahasia strategi yang akan saya terapkan nanti, karena tergantung niatnya," kata Nasir.