Indonesia mitra utama Italia di kawasan Asia Tenggara

id indonesia mitra utama italia di kawasan asia tenggara, mitra, mitra utama

London (ANTARA Sumsel) - Under Secretary Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia, Benedetto Della Vedova, mengakui  Indonesia merupakan mitra utama Italia di kawasan Asia Tenggara yang memiliki berbagai potensi untuk terus dikembangkan.
        
"Hal itu disampaikan Under Secretary Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia, Benedetto Della Vedova, mewakili Menteri Luar Negeri Italia dalam sambutannya pada acara resepsi diplomatik menyambut Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekan RI di Roma, Italia pada 26 September lalu," kata Pensosbud KBRI Roma Nindarsari Utomo kepada Antara London, Senin.
        
Dalam upaya peningkatan hubungan kerja sama kedua negara, Under Secretary Menteri Luar Negeri Italia menyampaikan rencana kegiatan Kementerian Luar Negeri Italia untuk menyelenggarakan konferensi yang didedikasikan untuk Indonesia pada akhir tahun 2014.
        
Sebelumnya, Dubes RI Roma, August Parengkuan, menyampaikan Italia merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ketiga di Uni Eropa dan sebagai sesama negara anggota G-20, Indonesia dan Italia secara bersama-sama mampu saling mengisi untuk terus meningkatkan hubungan bilateral yang berlangsung selama 65 tahun.
        
Resepsi Diplomatik RI (26/9) itu dihadiri sejumlah kalangan pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Italia, Mantan Menteri Luar negeri Italia, Giuglio Terzi di Sant'Agata, Director General for Global Affairs, Luigi Efisio Marras, Principal Director for the Countries of Asia and Oceania, Andrea Perugini, Kantor Kepresidenan seperti Head of the Diplomatic Protocol of the Italian Republic, Riccardo Guariglia.
        
Pejabat Tinggi Kementerian Ekonomi, Pejabat Tinggi dari Kementerian Pertahanan Italia, Pejabat Tinggi Food and Agriculture Organization (FAO), para duta besar negara sahabat, Direktur Jenderal Alta Roma, kalangan pengusaha, jurnalis serta friends of Indonesia.
        
Dalam acara resepsi resepsi diplomatik RI, juga digelar promosi budaya Minahasa Utara, fashion show batik dan tenun dari Minahasa Utara, serta dimeriahkan Diva Indonesia, Ruth Sahanaya dibawah naungan Yayasan Torang Samua Basodara yang didukung Kemenparekraf dan Kabupaten Minahasa Utara.