BPBD lakukan doa bersama minta hujan

id yulizar dinoto, doa minta hujan

BPBD lakukan doa bersama minta hujan

Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - BPBD Sumatera Selatan melakukan doa bersama meminta kepada Allah agar diturunkan hujan, karena di daerah tersebut sedang dilanda kebakaran hutan dan menimbulkan kabut asap.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya dalam memadamkan titik api di sejumlah kabupaten di daerah tersebut, karena kabut asap yang melanda Wilayah Sumatera Selatan sejak beberapa pekan terakhir semakin parah, kata Kepala BPBD Sumsel Yulizar Dinoto di Palembang, Senin.

Menurutnya, berbagai upaya dilakukan dalam pemadaman titik api yang membakar hutan dan lahan di sejumlah daerah, termasuk doa minta hujan sekarang ini.

Doa minta hujan untuk memohon pertolongan kepada Allah yang diharapkan kebakaran hutan dan lahan di daerah ini segera berakhir, katanya.

Sementara, berdasarkan pantauan jumlah titik api sekarang sudah menurun tinggal 98 yang tersebar di berbagai kabupaten dan paling banyak di Ogan Komering Ilir.

Memang, upaya yang dilakukan antara lain mengadakan hujan buatan tetapi hasilnya belum maksimal.

Selain itu bom air dan pemadaman melalaui darat bekerja sama dengan Dinas Kehutanan, TNI serta instansi terkait lainnya.

Namun, yang lebih penting lagi dukungan seluruh lapisan masyarakat dalam suasana musim kemarau ini, supaya membuka lahan tidak dengan cara dibakar, termasuk membuang puntung rokok masih menyala jangan sembarangan, katanya.

Hal itu karena saat musim kemarau hutan rawan terbakar sehingga harus dihindari, kata Yulizar