Pelantikan DPRD Musirawas dijaga 210 polisi

id polres, polres musirawas

Pelantikan DPRD Musirawas dijaga 210 polisi

Polres Musirawas (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pelantikan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musirawas periode 2014-2019 diamankan sebanyak 210 orang anggota polisi.

Pengamanan itu dilakukan secara tertutup dan terbuka serta membatasi pengunjung yang masuk ke dalam gedung, disamping mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa saat pelantikan berlangsung, kata Kapolres Musirawas AKBP Chaidir, Senin.

Ia mengatakan pada saat penatikan berlangsung anggota akan dibagi dua yakni satu pleton khusus pengamanan DPRD dan sisanya siaga untuk mengantisipasi aksi dadakan unjuk rasa meskipun hingga saat ini belum ada laporan tentang itu.

Tugas pengamanan tersebut antara lain menyeleksi dan memeriksa anggota dewan yang masuk bersama undangan menggunakan pitu pemeriksaan dilengkapi alat metal detector pada pintu utama dan pintu samping.

Selain itu juga disipakan regu jibo (jinak bom) berperan sebagai sterilisasi ruangan pelantikan dan satu regu untuk penyelamatan anggota dewan kalau ada hal-hal yang diluar rencana.

Sebelum pelaksanaan pelatikan regu kepolisian dibantu TNI dan Satpol PP melakukan apel bersama di halaman gedung DPRD tersebut, setelah itu baru dilakukan pengamanan sesuai tugas masing-masing anggota.

Ia mengimbau anggota dewan yang akan dilantik berserta tamu lainnya, sebelum memasuki ruangan pelantikan diharapkan yang membawa handphone agar dinon aktifkan supaya tidak mengganggu khidmatan acara pelantikan dan sumpah jabatan anggota dewan tersebut, ujarnya.

Kabag Operasi Polres Musirawas Kompol Rizvy Q mengatakan khusus bagi media cetak dan elektronik yang akan meliput acara tersebut dibatasi hanya 20 orang dan seluruhnya memilik media dan kartu kartu identitas (ID Card), bagi wartawan tidak memiliki kartu identitas itu dilarang masuk.

"Untuk penjagaan aksi unjuk rasa petugas sudah disiagakan di bagian pintu depan gedung agar massa tidak masuk dan mengganggu pelantikan tersebut, namun hingga saat ini belum ada laporan kedatangan aksi unjuk rasa tersebut," ujarnya.

Kabag Humas Pemkab Musirawas Edi Zainuri mengatakan pelantikan anggota dewan 2014-2019 di Musirawas itu tercatat sebanyak 45 orang, namun begitu sudah dilantik sebagaian akan ditempat pada kabupaten pemekaran Musirawas Utara.

Sedangkan jumlah anggota dewan yang akan ditempatkan di Kabupaten Musirawas Utara itu jumlahnya akan disesuaikan dengan jumlah penduduk yang ada sekarang dan sisanya tetap menjadi anggita dewan kabupaten induk Musirawas, ujarnya.