Quran raksasa diminati peserta MTQ internasional

id peserta mtq, mtq internasional, alquran raksasa, quran raksasa

Quran raksasa diminati peserta MTQ internasional

Kepingan ukiran Alquran setinggi 18,5 meter di Kompleks Pesantren Indo Global Mandiri (IGM) Suak Bujang Gandus Palembang. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Peserta MTQ internasional tersebut sebelumnya dikenalkan dengan Quran raksasa melalui media elektronik/penayangan film di hotel tempat menginap mereka...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Quran raksasa 30 juz hasil karya Syofatillah Mohzaib diminati peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional di Palembang, 23 - 27 September 2014.

Peserta MTQ internasional itu diajak berkunjung ke tempat penyimpanan Quran raksasa di Gandus Palembang, Sabtu, pada acara "city tour" sebelum acara penutupan lomba membaca dan menghafal Alquran itu.

Berbagai peserta MTQ merasa kagum atas Quran akbar yang berbentuk ukiran dari kepingan kayu.

Bahkan, ada yang langsung membaca kitab suci tersebut setelah sampai di tempat pajangan Quran raksasa tersebut.

Syofatillah mengatakan, tertariknya peserta MTQ internasional tersebut setelah ditampilkannya Quran tersebut melalui media elektronik di tempat menginap peserta.

Dengan ditampilkannya Quran raksasa itu sehingga peserta MTQ dari berbagai negara tertarik untuk melihat langsung, kata dia.

Memang, ada yang ingin pergi sendiri tetapi panitia menyarankan untuk pergi bersamaan.

Oleh karena itu peserta MTQ internasional berkunjung langsung ketempat Quran raksasa yang dibuat secara bertahap tersebut.

Pantauan dilokasi peserta kelihatan kagum atas karya pembuatan Quran raksasa tersebut.

Peserta dari berbagai negara seperti Maroko, Belanda, Inggris, Iran, Saudi Arabia, Mesir, Malaysia, sudan, Libya, Lebanon dan Bahrain itu langsung berdialog tentang pembuatan Quran raksasa tersebut.

Quran raksasa yang dipanjang disamping rumah Syofatillah itu tertata dengan rapi dan cukup terawat.

Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel mengatakan, memang pihaknya menjadwalkan kepada peserta untuk melihat Quran raksasa tersebut.

Dengan dijadwalkannya peserta melihat quran raksasa yang secara resmi penyelesaiannya ditandatagani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012 itu supaya mereka tidak penasaran.

Murad YM Abugharbia Mariam dari Palestina dan Muhammad M Halsim Bleir (Turki) sesampai diloksi Quran akbar langsung membaca kitab suci tersebut.