UKM Aceh pameran di arena MTQ internasional

id ukm pelaku ukm, ukm aceh, ukm dari sejumlah daerah di sumatera, usaha kecil menengah

UKM Aceh pameran di arena MTQ internasional

UKM Aceh ikut pameran di arena MTQ Internasional Ekspo di Palembang, 23-27 September 2014. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Pelaku UKM dari sejumlah daerah di Sumsel memamerkan kerajinan dan pakaian khas daerah, kerajinan batu cincin, sedangkan dari Aceh memamerkan produk makan dan pakain khas daerah bernuansa Islami...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan usaha kecil dan menengah dari sejumlah kabupaten dan kota Sumatera Selatan, Aceh, serta dari sejumlah provinsi di Indonesia lainnya mengikuti pameran di ajang "MTQ Internasional Ekspo" di Kota Palembang, 23-27 September 2014.

Dalam pameran itu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari provinsi tuan rumah MTQ Internasional dan sejumlah provinsi di Pulau Sumatera lainnya memamerkan produk makanan dan kerajinan khas daerah masing-masing, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, Permana di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pelaku UKM dari sejumlah daerah di Sumsel memamerkan kerajinan dan pakaian khas daerah, kerajinan batu cincin, sedangkan dari Aceh memamerkan produk makan dan pakain khas daerah bernuansa Islami, katanya.

Produk UKM dari sejumlah provinsi di Tanah Air, sejak dibukanya pameran "MTQ Internasional Ekspo" di lapangan parkir Palembang Sport and Convention Center (PSCC) tempat berlangsungnya perlombaan membaca dan menghafal ayat suci Alquran itu, hingga kini mendapat perhatian dari masyarakat umum dan peserta MTQ Internasional serta tamu undangan lainnya.

Dengan mendapat perhatian yang tinggi dari ratusan tamu asing 38 negara peserta MTQ Internasional itu, diharapkan tidak hanya produk yang dipamerkan banyak terjual tetapi juga dapat terjalin hubungan bisnis antara pelaku UKM dengan sejumlah pihak dari berbagai negara peserta, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya mendorong pelaku UKM khususnya dari Provinsi Sumsel ini untuk tumbuh dan mengembangkan usahanya dengan memfasilitasi mereka menggelar pameran di dalam dan luar negeri.

Momentum kehadiran peserta MTQ Internasional dan tamu undangan lainnya ke Kota Palembang selama lima hari berlangsungnya MTQ Internasional, akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan UKM di daerah ini merasakan manfaat digelarnya kegiatan berskala internasional itu, serta ke depan dapat tumbuh dan berkembang lebih banyak lagi.

Berkembangnya UKM pada akhirnya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat karena produk makanan dan kerajinan tangannya bisa menembus pasar ekspor, ujar Permana.