Dana stimulan kelurahan belum cair

id lurah, dana stimulan kelurahan

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dana stimulan kelurahan dari APBD Kota Palembang tahun 2014 sampai kini belum cair tetapi diperkirakan akan didistribusikan awal Oktober.

"Keterlambatan pendistribusian dana stimulan sebesar Rp50 juta per kelurahan tersebut disebabkan masih banyak lurah yang baru memahami teknis pelaksanaan program," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) Kota Palembang Heri Rasuan, Kamis.

Menurut dia, pihaknya terpaksa menunda pencairan dana stimulan sampai lurah bisa memahami program yang akan direalisasikan termasuk rincian dana untuk menyusun Daftar Urut Kegiatan (DUK). Karena itu, DUK merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan program terkait dengan dana stimulan yang telah dialokasikan, tambahnya.

Ia mengatakan, untuk memberikan pemahaman kepada lurah atau wakil dari kelurahan pihaknya bekerja sama dengan Dinas PU Cipta Karya sehingga bisa melakukan bimbingan teknis kepada 107 lurah.

Dengan demikian, lurah bisa memahami dan melaksanakan persiapan kegiatan dengan membuat DUK, katanya.

Dia menjelaskan, perlunya pemahaman terkait dengan pelaksanaan proyek tersebut tentunya sangat wajar mengingat sampai kini mayoritas lurah bukan lulusan teknik.

Sedangkan, dana stimulan yang akan digelontorkan sebesar Rp50 juta dan tambahan dari pemprov Rp100 juta proyek kegiatannya semua berkaitan dengan ilmu teknik, seperti pembangunan infrastruktur, ujarnya.

Heri menambahkan, meskipun terlambat pendistribusian dana stimulan akan direalisasikan awal Oktober.

Bukan hanya dana stimulan kelurahan dari pemkot tetapi juga dari Pemprov Sumsel, tambahnya.