MTQ internasional dilanjutkan penampilan qori 12 negara

id MTQ, mtq internasional, mtq, perlombaa cabang tahfuidz, tahfidz, alquran, tahfidz quran 30 juz

MTQ internasional dilanjutkan penampilan qori 12 negara

Penampilan peserta MTQ Internasional di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Kamis (25/7). (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Pada hari kedua perlombaan MTQ Internasional itu, cabang Tahfidz dilanjutkan dengan penampilan masing-masing satu peserta dari 12 negara...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 12 qori utusan 12 negara peserta Musabaqah Tilawatil Quran Internasional tampil pada cabang Tahfidz di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Pada hari kedua perlombaan MTQ Internasional itu, cabang Tahfidz dilanjutkan dengan penampilan masing-masing satu peserta dari 12 negara setelah sebelumnya tampil peserta dari sembilan negara.

Data yang dihimpun dari petugas multi media perlombaan MTQ Internasional menunjukkan peserta yang tampil pada Kamis ini yakni Bai Hui Jun dari Tiongkok, Sanhaji Najmeddine (Tunisia), Abbas Bin Ahmad Ally (Tanzania), Mohamed Maher Aqboelmeguid Abdelaziz (Mesir), Nafiqin Bin Karim Elhad El Yashrouttou Nafiqin (Prancis).

Kemudian Ahmed Zaid Mahmoud Abu Nouf (Sudan), Arif Abdullah Sagran (Timor Leste), Sidiq Ali Bin Shofique Ali Sadiq (Inggris), Adeeb Bin Hoqssain Haarneker (Afrika Selatan), Rustam Rashid Faizov (Rusia), Yusuf Mubiru (Uganda), dan Abdechafi Bin Omar El Issati peserta dari Belanda.

Sebelumnya pada hari pertama perlombaan MTQ Internasional Rabu (24/9) tampil di podium Palembang Sport and Convention Center (PSCC) sembilan qori yakni Waled Hamad Mohamed Ahmed Almarzoqqi dari Uni Emirat Arab, kemudian Mustafa Mohd Yousef Gharabu (Yordania), dan Sader A.M A Alau (Kuwait).

Ahmed J.S Makhoul Afaf (Palestina), Mohammad Baba Mohuddin Bin Mohammed Baba (India), Mohammad Fikri (Brunei), Ibrahima Bin Youssouf MChinda (Comoro), Mohammed Bin Saleh Abdulaziz (Libya), serta Abdul Azis Bin Muhammad Abdulloh dari Arab Saudi.

Menurut petugas Multi Media MTQ Internasional, Murgan, penampilan qori cabang Tahfidz dari pagi hingga siang hari ini dijadwalkan penampilan 12 peserta, kemudian selebihnya 12 peserta lagi akan dilanjutkan penampilannya pada Jumat (26/9) pagi.

Sementara untuk sesi perlombaan malam, dijadwalkan penampilan peserta MTQ Internasional untuk cabang tilawah, katanya.

Sementara Ketua Dewan Juri MTQ Internasional KH Nawawi Dencik Al Hafiz menjelaskan, dari 33 peserta untuk cabang Tahfidz, hngga hari kedua ini sudah ditampilkan 21 peserta utusan dari 21 negara.

Untuk cabang Tilawah sudah ditampilkan 20 peserta putra dan putri dari jumlah keseluruhan peserta 13 qoriah (putri) dan 37 qori (putra), kata dewan juri yang juga dikenal sebagai imam besar masjid agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang itu.

Sementara Wakil Ketua Pelaksana MTQ Internasional, Richard Cahyadi menjelaskan, berdasarkan data sekarang ini tercatat 80 peserta utusan 38 negara yang telah menghadirkan utusannya di Palembang dari 40 negara yang memastikan mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Wakil Presiden Boediono pada Selasa (23/9).

Dua negara berhalangan mengirim pesertanya pada MTQ Internasional yang akan berakhir pada 27 September 2014 itu yakni Qatar dan Yaman karena di kedua negara tersebut sedang mengalami konflik dalam negerinya, katanya.