Kawasan wisata Bukit Sulap rawan perampokan

id perampokan, kawasan wisata bukit sulap

Kawasan wisata Bukit Sulap rawan perampokan

Ilustrasi - Perampokan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Kawasan wisata Bukit Sulap, Kota Lubuklinggau, Sumatera selatan, rawan kejahatan khususnya perampokan sepeda moto yangr korbannya sebagian besar korbannya adalah pengunjung.

Untuk mengantisipasi perampokan itu, seluruh pengunjun hendaknya berhati-hati dan sebaiknya berkelompok, jangan berjalan sendirian, kata salah seorang warga sekitar Bukit Sulap Ujang Rian, Kamis.

"Kami sebagai warga Kelurahan Ulaksurung merasa tidak nyaman karena hampir setiap pekan ada pengunjung yang dirampok di obyek wisata Bukti Sulap itu," katanya.

Padahal warga setempat sangat mendukung kalau obyek wisata Bukit Sulap ramai dikunjungi pendatang sehingga produk kerajinan lokal bisa terjual, seperti batu giling dan alat rumah tangga terbuat dari batu alam lainnya.

Namun bila kawasan wisata itu tidak aman maka bisa merugikan warga setempat terutama yang sudah terlanjur membuat kios jualan pada pintu gerbang masuk ke obyek wisata tersebut.

Ia menyarankan, di sekitar kawasan Bukit Sulap itu dilakukan pengamanan khusus dengan melibatkan warga setempat, sehingga penjahat dari luar daerah itu akan termonitor.

Ada baiknya dipasangangia kamera pengintai, apa lagi Wali Kota Lubuklinggau sudah memprogramkan akan memasang "closed circuit television" (CCTV) sebanyak 100 unit yang tersebar di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan daerah rawan kriminal, katanya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Christian Lumban Gaol melalui Kasat Reskrim AKP Karimun Jaya mengatakan akan terus meningkatkan pengamanan di titik rawan kriminal termasuk di kawasan Bukit Sulap tersebut.

Ia mengakui tengah menyelidiki kasus perampokan yang terjadi di di kompleks wisata Bukit Sulap Lubuklinggau, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Minggu (21/9) sekitar pukul 12.00 dan korbannya Rio Sanjaya (13).

Korban tidak luka-luka namun sepeda motornya dirampas kawanan bandi. Peristiwanya terjadi ketika korban hendak pulang dari dari tempat Vila Wisata Bukit Sulap. Tiba-tiba pelaku datang dari arah belakang mendorong Rio hingga terjatuh dan segera melarikan sepeda motor korban.

Di lokasi yang sama sebelumnya, perampokan menimpa Maylinda Kay Wanson (31) salah seorang warga asing asal Hawai, Honolulu, Amerika Serikat. Akibatnya korban mengalami luka tembak di bagian paha.