Aktivis lingkungan Sumsel peringati Hari Tani Nasional

id hari tani nasional, walhi, aktivis lingkungan, mhi, dedek, aktivis lingkungan sumsel, aktivis lingkungan

Aktivis lingkungan Sumsel peringati Hari Tani Nasional

Aksi damai aktivis lingkungan di DPRD Sumsel, Jalan POM IX Kampus Palembang. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Dalam aksi itu, pihaknya akan menyampaikan beberapa tuntutan seperti hak atas tanah dan lingkungan hidup yang layak, jaminan keamanan tanah, stop kriminalisasi petani dan aktivis lingkungan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia dan sejumlah aktivis lingkungan di Sumatera Selatan mengajak petani di provinsi setempat untuk bersama-sama memperingati Hari Tani Nasional di Palembang, pada Rabu (24/9).

"Peringatan Hari Tani Nasional (HTN) itu akan dilakukan dengan cara sederhana diawali dengan berkumpul di kantor Walhi Sumsel, kemudian aksi turun ke jalan menyampaikan orasi mengenai berbagai persoalan yang dihadapi petani, termasuk sengketa agraria," kata aktivis Walhi Sumatera Selatan, Dedek Chaniago di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, aktivis Walhi bersama Syarikat Hijau Indonesia (SHI), Mahasiswa Hijau Indonesia (MHI), AMAN Sumsel, dan Serikat Petani Sriwijaya akan melakukan aksi damai turun ke jalan untuk memperingati HTN tahun ini dengan menurukan sekitar 1.000 massa.

Aksi damai tersebut rencananya digelar di dua lokasi yakni di halaman Kantor Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Kapten A Rivai dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) provinsi setempat di Jalan Kampus POM IX Palembang.

Dalam aksi itu, pihaknya akan menyampaikan beberapa tuntutan seperti hak atas tanah dan lingkungan hidup yang layak, jaminan keamanan tanah, stop kriminalisasi petani dan aktivis lingkungan, serta pernyataan sikap terutama berkaitan dengan masalah sengketa agraria yang dihadapi petani dengan perusahaan perkebunan, baik milik swasta maupun pemerintah.

Melalui aksi dalam rangka peringatan hari tani tersebut, diharapkan pemerintah daerah setempat dapat memberikan perhatian lebih terhadap permasalahan yang dihadapi para petani serta membantu mencarikan solusi yang tepat.

Aktivis lingkungan dan pejuang hak-hak petani di Sumsel akan terus membantu petani memperjuangkan penyelesaian masalah sengketa agraria yang hingga kini masih belum berakhir sehingga hak-hak petani dapat dikembalikan dan dapat meningkatkan taraf kehidupan mereka, ujar Dedek.