Nuansa religi meriahkan pembukaan MTQ internasional di Palembang

id maher zain, nuansa religi, meriahkan pembukaan mtq internasional, mtq

Nuansa religi meriahkan pembukaan MTQ internasional di Palembang

Acara pembukaan MTQ Internasional di Palembang, Selasa (23/9)malam. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

...Selain penampilan penyanyi mancanegara tersebut, pembukaan MTQ Internasional itu dimeriahkan penyanyi dan orkestra tuan rumah Indonesia, Erwin Gutawa, serta tarian massal bernuasa Islam dan Melayu..
Palembang (ANTARA Sumsel) - Penyanyi lagu religi dari Swedia, Maher Zain memeriahkan acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Internasional di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Sumatera Selatan, Selasa malam.

Dalam acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional itu, Maher Zain tampil memukau di hadapan Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, sejumlah duta besar negara peserta, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan ribuan tamu undangan lainnya.

Sejumlah lagu dibawakan penyanyi religi mancanegara itu seperti lagu berjudul Barakallah dan Sepanjang Hidup.

Selain penampilan penyanyi mancanegara tersebut, pembukaan MTQ Internasional yang dijadwalkan berlangsung pada 23-27 September 2014 itu dimeriahkan penyanyi dan orkestra tuan rumah Indonesia, Erwin Gutawa, serta tarian massal bernuasa Islam dan Melayu.

Sementara acara resmi pembukaan MTQ Internasional itu dibuka Wakil Presiden Boediono didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan ditandai penyiraman air dari kendi di kolam buatan di atas panggung utama acara pembukaan.

Acara pembukaan itu, tampak disambutan antusias ribuan masyarakat setempat, bahkan tidak sedikit yang ditolak memasuki gedung PSCC Palembang oleh panitia pelaksana dan petugas keamanan dari TNI dan Polri karena tidak membawa undangan resmi.

Bagi masyarakat yang tidak bisa memasuki gedung PSCC untuk menyaksikan secara langsung pembukaan MTQ Internasional itu, tampak tetap terhibur karena bisa menyaksikan acaar pembukaan melalui siaran televisi yang ada di luar gedung dan arena pameran kaligrafi, serta MTQ Ekspo di halaman gedung tersebut.

Sebelumnya Wakil Ketua Pelaksana MTQ Internasional, Richard Cahyadi menjelaskan, selama berlangsungnya MTQ Internasional di Palembang, digelar pameran dan atraksi seni rupa Islam atau yang dikenal dengan kaligrafi itu.

Pameran tulisan arab indah ayat-ayat suci Al Quran itu digelar atas kerja sama dengan Lembaga Kaligrafi Indonesia (LKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, dipamerkan kaligrafi terbaik karya seniman dari sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jawa Tengah," ujarnya.

Selain itu di sekitar arena pelaksanaan MTQ Internasional itu, masyarakat, peserta, dan tamu undangan lainnya dapat melihat berbagai produk barang dan makanan khas daerah karya pelaku usaha kecil dan menengah dari sejumlah kabupaten dan kota Sumatera Selatan dalam ajang "MTQ Internasional Ekspo", katanya.