Satgas pantau hewan kurban jelang Idul Adha

id kurban, hewan kurban

Satgas pantau hewan kurban jelang Idul Adha

Hewan kurban Idul Adha (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Satuan tugas Pemkot Palembang mulai memantau dan pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha, dan semakin intensif mendatangi tempat-tempat penjualan serta lokasi ternak sapi, kambing dan domba.

Petugas telah melakukan pemeriksaan sejak beberapa pekan lalu untuk memastikan hewan kurban yang dijual sesuai syarat, seperti sehat, tidak cacat dan cukup umur, kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang, Harrey Hadi Selasa.

Menurut dia, tiga tim satgas hewan kurban telah berkeliling dan memastikan belum ditemukan hewan tak sesuai syarat dijual pedagang.

Namun, warga yang akan membeli hewan kurban diminta memeriksa secara teliti sapi, kambing atau domba tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, tahun lalu ditemukan banyak hewan kurban yang dijual dalam kondisi sakit.

Karena itu, pemeriksaan tahun ini dilakukan lebih intensif dan terbukti belum ada temuan hewan dengan penyakit berbahaya, katanya.

Dia menjelaskan, bukan hanya kesehatan hewan dan kelayakan menjadi kurban sesuai syarat tetapi pemantauan stok sapi, kambing dan domba juga dilakukan.

Hal itu, guna memastikan stok hewan kurban cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palembang, ujarnya.

Harrey menambahkan, sampai kini terpantau penjualan hewan kurban mencapai 40 ekor per hari.

Harga sapi dijual sekitar Rp9 juta sampai Rp12 juta per ekor sedangkan kambing mulai dari Rp1,5 juta per ekor, tambahnya.