Kantor Desa Terusan OKU nyaris terbakar

id kebakaran, kebakaran lahan

Kantor Desa Terusan OKU nyaris terbakar

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kantor Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Selasa nyaris terbakar, karena api membumbung tinggi membakar lahan hutan dan semak belukar di belakang kantor tersebut.

Kepala Desa (Kades) Terusan, Painok di Baturaja, Selasa mengatakan, kebakaran lahan ini begitu cepat terjadi sekitar pukul 10.00 Wib. Saat itu mereka sedang duduk dan bekerja di kantor, tiba-tiba terlihat api membumbung dari belakang kantor sehingga para pegawai berhamburan ke luar kantor.

"Saat kami keluar kantor, petugas PLTU Giang yang ada di depan kantor desa langsung keluar mengambil tindakan sementara sebelum mobil pemadam kebakaran datang," kata Painok.

Ia menjelaskan, areal yang terbakar merupakan lahan milik Winsikri. Lahan sekitar dua hektare itu sudah dikapling-kapling dan belum mengetahui penyebab kebakaran.

Pantauan di lapangan, puluhan petugas Penanggulang Bencana Kebakaran (PBK) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), berusaha memadamkan api yang menyebar begitu cepat membakar lahan hutan.

Kumpalan asap tebal membuat petugas pemadam kebakaran sedikit kesulitan. Mereka harus bergelut dengan gumpalan asap untuk memadamkan api dan baru bisa dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian serta tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kepala PBK OKU, Faisol Ibrahim mengatakan tidak ada korban dari peristiwa ini dan penyebab kebakaran belum diketahui.

"Tadi memang ada sedikit kendala, karena sumber air jaraknya lumayan jauh. Tapi meski demikian, alhamduillah api bisa kita padamkan," katanya.