Kelurahan Talang Semut kawasan bangunan "heritage" Palembang

id pemkot, pemkot palembang

Kelurahan Talang Semut kawasan bangunan "heritage" Palembang

Pemkot Palembang (Foto ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kelurahan Talang Semut menjadi kawasan bangunan "heritage" di Kota Palembang, karena di daerah yang berdekatan dengan Taman Kambang Iwak tersebut berdiri bangunan bersejarah dan masih kokoh.

"Kami telah menetapkan kawasan Talang Semut sebagai pusat "heritage" atau bangunan bersejarah," kata Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini, Senin.

Menurut dia, tidak mudah untuk menentukan kawasan tersebut tetapi pihaknya telah melakukan penelitian bangunan terkait dengan "heritage".

Pihaknya bekerja sama dengan Balai Arkeologi dan menetapkan kawasan yang hanya berjarak sekitar dua kilometer dari pusat Kota Palembang sebagai daerah paling banyak bangunan lama, tambahnya.

Ia mengatakan, guna memastikan kondisi bangunan dan apakah tergolong dalam kategori "heritage", pihaknya terlebih dahulu meneliti dan melakukan pengkajian.

"Hasilnya, tak kurang dari 10 bangunan dinyatakan bersejarah, termasuk di antaranya gedung Ex BP7 yang sempat menjadi museum tekstil," katanya.

Dia menjelaskann, untuk memastikan bangunan-bangunan heritage tersebut lestari, saat ini sedang mempersiapkan aturan daerah.

Peraturan daerah terkait melestarikan bangunan itu sangat penting segera diterbitkan, ujarnya.

Isnaini menambahkan, partisipasi warga dalam menjaga bangunan bersejarah itu sangat diharapkan.

Karena sinergi pemerintah dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan menjadikan kawasan "heritage buildng" itu, tambahnya.