Dinas Pendidikan supaya pelajar saksikan MTQ internasional

id mtq, mtq internasional, dinas pendidikan supaya pelajar saksikan mtq internasional

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan meminta para pengelola sekolah mengirimkan pelajar untuk menyaksikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Palembang, 23-27 September 2014.

Dengan menyaksikan MTQ Internasional diharapkan para pelajar termotivasi mendalami agama Islam, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo kepada wartawan di Palembang, Jumat.

MTQ internasional adalah sarana mengasah kemampuan berbahasa Arab, dan sarana untuk memotivasi pelajar mendalami bahasa Arab, kata dia.

Menurut dia, dengan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Arab maka akan mempermudah berdialog dengan para turis Timur Tengah pada masa mendatang.

Oleh karena itu MTQ Internasional itu hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk pelajar.

Bahkan, lanjut dia, bila perlu materi MTQ tersebut dijadikan kegiatan belajar mengajar sekolah.

Sebenarnya banyak pelajaran yang dapat didalami siswa pada MTQ Internasional karena bukan hanya dapat mendengarkan qori dan qoriah terbaik, melainkan juga sebagai hiburan tersendiri.

Selain itu juga dapat memperkaya pengalaman karena dalam MTQ itu akan ada semacam pameran buku pelajaran sekolah, terutama yang mengandung unsur keagamaan.

Selain itu dengan MTQ juga dapat membina mental anak didik, tambah dia