Petani karet OKUT beralih tanam sayuran

id sayuran, dan jagung

Petani karet OKUT beralih tanam sayuran

Petani karet mulai beralih menanam sayuran selama musim kering (FOTO ANTARA)

Martapura (ANTARA Sumsel) - Sejumlah petani karet di wilayah Kabupaten Ogan Komering ulu Timur, Sumatera Selatan banyak beralih menanam jagung dan sayuran, imbas dari turunnya harga karet di pasaran sejak beberapa bulan terakhir.

"Sejak harga karet dalam beberapa bulan terakhir terus turun, terpaksa beralih menekuni usaha menanam jagung dan jenis sayuran lainnya, karena cepat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Abas (37) petani asal Desa Bunga Mayang, Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) di Martapura, Sabtu.

Menurut dia, para petani banyak beralih menanam jagung dan sayuran sejak beberapa bulan terakhir akibat harga karet turun, karena penghasilan tidak sebanding lagi dengan biaya membeli kebutuhan sehari-hari terutama beras.

Harga karet bulanan sekarang hanya Rp7.000 per kilogram, padahal pada kondisi normal di penghujung tahun 2013 masih di atas Rp18 ribu per kg, katanya.

Belum lagi dalam sebulan terakhir produksi karet jauh menurun, dampak dari musim kemarau. Untuk areal satu hektare biasanya bisa menghasilkan getah karet 30 kilogram, sekarang ini paling banyak 12 kg saja per hari.

Menyikapi kondisi harga karet terpuruk inilah para petani banyak beralih mulai menekuni usaha menanam jagung atau sayuran, karena di samping pemasarannya mudah juga hanya dalam kurun waktu dua bulan dan paling lama tiga bulan sudah menghasilkan.

Berbeda jika menanam padi baik padi sawah maupun lebak jangka waktu panen di daerahnya masih satu tahun sekali panen, jadi cukup lama, katanya.

Bahkan sebagian petani memutuskan menebang pohon karet, dan menggantinya dengan jenis tanaman sayuran, kata Sahri (48) petani lainnya menambahkan.

Sementara, Baswan (37) warga Desa Negeriratu Baru mengatakan anjloknya harga karet merupakan alasan dirinya menebangi batang karet tersebut dan menggantinya dengan tanaman jagung.

"Sekarang dari dua hektare tinggal sisa satu hektar lagi tanaman karet milik saya," katanya.