Gubernur Sumsel: "KEK" merupakan lapangan kerja baru

id gubernur alex noerdin, alex, gubernur sumsel, kawasan ekonomi khusus, lapangan kerja baru, kek

Gubernur Sumsel: "KEK" merupakan lapangan kerja baru

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo dan Rektor UBD Prof Bochari Rachman, memberikan keterangan pers terkait pembangunan KEK. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Nantinya jika Kawasan Ekonomi Khusus terwujud, masyarakat di provinsi berpenduduk 8,6 juta jiwa itu tidak perlu berjuang mencari pekerjaan hingga ke luar Sumsel apalagi ke luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api di wilayah perbatasan Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, merupakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Kawasan Ekonomi Khusus yang ditetapkan pada tahun 2014, perlu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sehingga program pembangunan kawasan itu bisa berjalan sesuai rencana, karena dapat menampung ratusan ribu pekerja berbagai jenjang," kata Gubernur di Palembang, Selasa.

Menurut dia, dalam kawasan tersebut akan dibangun fasilitas pendukung, seperti Pelabuhan Samudra Tanjung Api Api, jalur kereta api ganda (double track) untuk mengangkut hasil tambang dan perkebunan rakyat seperti batu bara, karet dan kelapa sawit.

Selain itu, akan dibangun industri pengolahan hasil perkebunan, pabrik makanan dan minuman ringan, suku cadang kendaraan bermotor, alumunium, serta pabrik pupuk urea PT Pusri.

Pelayanan jasa kepelabuhan dan berbagai industri yang akan dibangun di KEK Tanjung Api Api itu membutuhkan banyak tenaga kerja mulai buruh kasar hingga tenaga ahli.

"Nantinya jika Kawasan Ekonomi Khusus terwujud, masyarakat di provinsi berpenduduk 8,6 juta jiwa itu tidak perlu berjuang mencari pekerjaan hingga ke luar Sumsel apalagi ke luar negeri, karena daerah ini terbuka luas lapangan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan jenjang pendidikan masyarakat," ujar Gubernur.

Dia menjelaskan keberadaan KEK Tanjung Api Api tersebut, diharapkan dapat mendorong provinsi ini berkembang lebih pesat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan berkembangnya Sumatera Selatan dan meningkatnya perekonomian masyarakat setempat, diharapkan pula dapat memberi dampak positif bagi provinsi dan masyarakat di wilayah Sumatera lainnya dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional, kata Alex.