Pemprov Sumsel terus kembangkan pusat penelitian

id alex nordin, gubernur sumsel

Pemprov Sumsel terus kembangkan pusat penelitian

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mengembangkan pusat penelitian di daerah ini dengan membangun tempat riset dan teknologi di sejumlah lokasi.

Sekarang ini sedang dibangun kebun raya yang juga akan dijadikan tempat penelitian, kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan usai menghadiri acara puncak Hari Teknologi Nasional di Palembang, Senin.

"Kami ingin meningkatkan jumlah inovasi yang ada, apalagi infrastruktur dan anggaran di Indonesia sangat berbeda jauh dengan negara lain," katanya.

Sehubungan itu pihaknya membangun beberapa pusat penelitian, seperti di Kebun Raya Sumsel yang dananya sebagian besar dari APBN dan pihak ketiga.

Dengan kata lain, Sumsel hanya menganggarkan beberapa miliar rupiah saja untuk pembangunan sekaligus tempat penelitian di kebun raya tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan tempat penelitian itu antara lain dana dari pihak ketiga di antaranya Pertamina, SKK Migas, dan PTBA.

Bukan itu saja, tetapi juga akan ada pusat penelitian kerbau rawa yang bekerja sama dengan Italia, ujar dia.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Inovasi Daerah Sumsel Dr Ekowati Retnaningsih mengatakan, pusat penelitian di kebun raya nanti memiliki fungsi dalam bidang konservasi tanaman.

Selain itu juga penelitian pendidikan, pengolahan hilir untuk pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kebun raya.

"Pihaknya akan menyediakan fasilitas yang ada untuk penelitian dan mengembangkan inovasi di daerah," tambah dia.