Stok hewan kurban di Sumsel cukup

id kurban, hewan kurban

Stok hewan kurban di Sumsel cukup

Hewan kurban Idul Adha (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Stok hewan kurban seperti kambing dan sapi di Sumatera Selatan untuk keperluan Idul Adha sampai saat ini masih aman dan cukup tersedia.

"Untuk stok hewan kurban aman dan cukup tersedia," kata Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan, Budiarto Marsul ketika ditanya mengenai stok hewan kurban menjelang Idul Adha di Palembang, Senin.

Menurut dia, sementara ini hewan kurban yang dimiliki tidak ada yang terkena penyakit.

Untuk keperluan hewan kurban itu masih didatangkan dari Pulau Jawa dan Provinsi Lampung, katanya.

Ia mengatakan, sekarang ini kalau untuk ternak sapi di Sumsel belum cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jumlah banyak, karena jumlah ternak di daerah masih kurang.

"Kita sudah melakukan bantuan pemeliharaan ternak, kandang, bibit dan membangun inseminasi, tetapi tentunya memerlukan waktu yang tidak singkat," ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, sebenarnya pada tahun 2014 capaian target pertumbuhan populasi ternak di Sumsel cukup lumayan. Kemungkinan sekitar 1-2 tahun lagi, daerah ini sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mengenai kenaikan harga hewan kurban, ia menuturkan, kenaikan harga tetap saja terjadi, tetapi diharapkan pemerintah bisa mengendalikan.

"Harga sapi agak naik dalam batas wajar, kalau kenaikan sekitar 10 persen wajar saja," ujarnya.

Sementara, populasi sapi itu di Sumsel selama ini banyak terdapat di kabupaten antara lain Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, katanya.

Berdasarkan pantauan, penjual hewan kurban sudah bermunculan di Kota Palembang menjelang Idul Adha, seperti di Jalan Demang Lebar Daun.