Retribusi IMB tertinggi stor PAD Palembang

id kppt, dana imb

Retribusi IMB tertinggi stor PAD Palembang

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Palembang Diankis Julianto (Foto Antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dana retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) masih tertinggi berhasil dihimpun untuk setoran ke pendapatan asli daerah Kota Palembang.

Sampai minggu kedua September, setoran retribusi IMB sudah mencapai Rp38,7 miliar dana yang dihimpun, kata Kepala KPPT Palembang Diankis Julianto di Palembang, Minggu.

Menurut dia, sebanyak 1.016 berkas permohonan pengajuan IMB telah diproses dan selesai.

Pembangunan beragam gedung termasuk tempat usaha tersebut menjadi penyumbang retribusi tertinggi sehingga kini total berhasil dihimpun sebesar Rp43 miliar dari 28 perizinan yang dilayani, tambahnya.

Ia mengatakan, meskipun IMB masih penyumbang terbesar ke kas daerah tetapi pengajuan dan penerbitan izin lainnya juga tetap ramai.

Buktinya, memasuki triwulan ketiga pihaknya telah menerbitkan sebanyak 22.417 berkas perizinan yang diajukan masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, tingginya mobilitas masyarakat mengurus berbagai perizinan yang dilayani KPPT menunjukan kalau pembangunan di kota pempek terus berjalan.

Beroperasinya berbagai perusahaan yang bergerak diberbagai bidang, baik industri perhotelan maupun jasa dan perdagangan menjadi bukti pertumbuhan ekonomi, ujarnya.

Diankis menambahkan, pihaknya tentu akan meningkatkan terus pelayanan kepada masyarakat yang mengajukan perizinan.

Dengan komitmen permohonan izin akan diterbitkan paling lambat 15 hari proses setelah semua persyaratan lengkap, tambahnya.