Pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Palembang

id hewan kurban, pedagang, pedagang hewan, pedagang hewan kurban, sapi, kambing

Pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Palembang

Pedagang hewan kurban sapi dan kambing di Kota Palembang menjelang Idul Adha mulai marak (Foto Antarasumsel.com/Feny)

...Di kawasan Jalan Makrayu, dan Perumnas Kenten Sako, pedagang hewan kurban mulai memajang beberapa ekor sapi dan kambing di kios pinggir jalan kawasan permukiman penduduk tersebut...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang hewan untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah mulai bermunculan di sejumlah tempat di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di kawasan Jalan Makrayu, dan Perumnas Kenten Sako Palembang, Kamis, misalnya, pedagang hewan kurban mulai memajang beberapa ekor sapi dan kambing di kios pinggir jalan kawasan permukiman penduduk tersebut.

Salah seorang pedagang hewan kurban Aprizal mengatakan, Hari Raya Kurban pada 5 Oktober 2014 sudah tinggal beberapa pekan lagi sehingga sudah saatnya pedagang bersiap dan menerima pesanan.

Kegiatan penjualan hewan kurban dilakukan sekarang sehinga waktunya cukup panjang untuk menyiapkan stok yang memenuhi persyaratan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Hewan kurban yang dijual tidak hanya dipasok oleh peternak sapi dan kambing dari wilayah Sumsel, tetapi juga ada yang berasal dari provinsi tetangga seperti Lampung dan Bengkulu," ujarnya.

Hewan kurban dijual dengan harga bervariasi tergantung dengan besar dan beratnya seperti sapi dijual berkisar Rp9 juta hingga Rp17,5 juta per ekor, sedangkan kambing dijual dengan harga Rp2juta hingga Rp4 juta per ekor, katanya.

Sekarang pihaknya mulai menerima pesanan hewan kurban dari sejumlah pengurus masjid yang mengelola program arisan hewan kurban dan masyarakat yang akan melakukan pemotongan kurban secara perorangan.

Untuk memberikan jaminan hewan kurban memenuhi persyaratan atau syariat Islam, sehat dan dagingnya halal dikonsumsi, pihaknya melakukan pemeriksaan hewan kurban yang diperdagangkan dan menyiapkan petugas pemotong hewan yang berpengalaman, ujarnya.