Dinsos Sumsel tetap lakukan pelayanan sosial keliling

id dinas sosial, dinsos, dinsos sumsel, apriyadi, pelayanan sosial keliling, permaslahan sosial, minimalkan permaslaahan sosial, sosial

Dinsos Sumsel tetap lakukan pelayanan sosial keliling

Kapala Dinas Sosial Sumsel Apriyadi. (Foto Antarasumsel.com/12/Feny Selly/Aw)

...Unit pelayanan sosial keliling tersebut sekarang tetap aktif mengunjungi sejumlah tempat atau kawasan permukiman penduduk yang dinilai rentan terhadap permasalahan sosial...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya tetap melakukan pelayanan sosial keliling melalui unit khusus yang dirintis sejak 2013 itu, untuk meminimalkan timbulnya permasalahan sosial di provinsi berpenduduk 8,6 juta jiwa ini.

"Unit pelayanan sosial keliling tersebut sekarang tetap aktif mengunjungi sejumlah tempat atau kawasan permukiman penduduk yang dinilai rentan terhadap permasalahan sosial," kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam kegiatan pelayanan sosial keliling itu, pihaknya memberikan bimbingan kepada masyarakat yang mengalami masalah sosial dan mencoba memberikan dorongan semangat atau motivasi agar mereka kembali bergairah menjalani kehidupannya.

Dengan memiliki motivasi hidup yang tinggi, diharapkan masyarakat yang mengalami permasalahan sosial tidak menjadi beban sosial bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya bahkan sebaliknya bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungannya.

Guna mengoptimalkan unit pelayanan sosial keliling, pihaknya tidak hanya menugaskan petugas Dinas Sosial tetapi juga melibatkan tenaga ahli yang bisa melakukan bimbingan kepada masyarakat dengan baik seperti dokter ahli jiwa dan ahli psikologi dengan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung pelayanan sosial.

Melalui upaya tersebut diharapkan bisa memotivasi elemen bangsa dalam melaksanakan pembangunan khususnya penyelenggaraan kesejahteraan sosial, ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam menghadapi era global dewasa ini adalah komitmen dan keberpihakan pemerintah daerah kepada masyarakat terutama yang berpotensi mengalami sejumlah permasalahan sosial.

"Untuk itu akan terus diupayakan pengembangan suatu unit pelayanan sosial sesuai dengan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga secara bertahap berbagai permasalahan sosial yang terjadi di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu , dapat diselesaikan dengan baik," kata Apriyadi.