PDIP gelar pendidikan kader khusus anggota DPRD

id pdip, gelar pendidikan kader

Palembang (ANTARA Sumsel) - PDI Perjuangan menggelar pendidikan kader khusus bagi anggota fraksi partai itu untuk DPRD kabupaten dan kota serta DPRD provinsi di 17 titik di seluruh Indonesia.

"Pendidikan kader khusus bagi anggota DPRD kabupaten dan kota serta DPRD provinsi ini dilaksanakan di 17 titik di Indonesia," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Keanggotaan, Kaderisasi dan Rekrutmen, Idham Samawi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan pendidikan kader khusus ini meliputi Provinsi Jambi, Bangka Belitung dan Sumsel.

Kemudian Lampung bersama Bengkulu, Kalimatan Selatan bersama Kalimantan Timur dan daerah lainnya, jadi ada 17 titik di Indonesia pelaksanaan pendidikan kader khusus bagi anggota DPRD kabupaten dan kota serta DPRD provinsi, katanya.

Ia mengatakan, yang istimewanya pelaksanaan pendidikan kader khusus itu dilakukan secara gotong royong oleh peserta.

Pendidikan kader khusus ini pertama kali dilaksanakan PDI Perjuangan untuk seluruh anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi dan DPR RI, ujarnya.

Titik berat dari pendidikan kader khusus ini pada ideologi, mengingat ketika pada 1999 PDI Perjuangan menjadi pemenang pada Pemilu legislatif, kemudian pada 2001 mempunyai presiden, sehingga partai tersebut lupa mengurusi sumber daya manusia (SDM).

"Pada tahun 2004 partai ini kalah dan pada 2009 lebih parah lagi, karena ketika menjadi pemenang lupa mengurusi manusia, karena itu kita tidak ingin mengulang kesalahan itu," tuturnya.

Ia menyatakan, pada 2009 partai ini hanya meraih 14 persen sehingga menjadi partai penyeimbang dan pada 2014 dipercaya rakyat dengan memenangkan Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden sehingga yang PDI Perjuangan lakukan mengurusi manusia.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, Eddy Santana Putra menuturkan, pendidikan kader khusus bagi anggota DPRD kabupaten dan kota serta DPRD provinsi diikuti dari Sumsel, Bangka Belitung dan Jambi.

Untuk di tingkat Provinsi Sumsel, PDI Perjuangan menjadi partai pemenang dan di enam kabupaten/kota juga menjadi pemenang pada Pemilu Legislatif lalu, katanya tanpa menyebut kabupaten/kota dimaksud.