15 Persen jalan Kota Palembang rusak parah

id jalan, jalan rusak parah

15 Persen jalan Kota Palembang rusak parah

Jalan rusak parah (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 15 persen dari 390 kilometer total panjang jalan di Wilayah Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam kondisi rusak parah.

Kerusakan terparah terjadi di jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Karyajaya yang kini tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Palembang Darma Budhy, Kamis.

Menurut dia, sejumlah kawasanan yang jalannya masih sulit dilalui terutama ketika musim hujan lainnya adalah di Tanjungbarangan dan Pulokerto.

Kerusakan tersebut secara bertahap memang berkurang karena perbaikan rutin dengan didanai APBD setempat dilaksanakan, tambahnya.

Namun, ia mengatakan pemkot hanya mampu melakukan perbaikan jalan secara bertahap, karena kondisi keuangan pemkot setempat juga tidak mencukupi.

Karena itu, perbaikan jalan rusak tersebut juga diharapkan bantuan dana dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus dianggarkan APBN, katanya.

Dia menjelaskan, sejak dua tahun ini alokasi dana untuk pemeliharaan jalan di Kota Palembang cenderung meningkat signifikan hingga mencapai Rp100 miliar.

Sebelumnya, alokasi dana perbaikan jalan sepanjangan 390 kilometer itu hanya berkisar Rp40 miliar dianggarkan APBD pemkot setempat, ujarnya.

Budhy menambahkan, alokasi dana untuk kegiatan di dinas yang dipimpinnya mencapai Rp258 miliar pada APBD induk tahun 2014.

Dana tersebut berkurang Rp13 miliar pada APBD perubahan karena dibatalkannya anggaran sejumlah kegiatan, tambahnya.