KDEI di Taiwan jadikan kain jumputan seragam pegawai

id jumputan, kain jumputan

KDEI di Taiwan jadikan kain jumputan seragam pegawai

Kain jumputan khas Palembang dijadikan seragam pegawai di Taiwan (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan, menjadikan kain jumputan khas produksi Kota Palembang, Sumatera Selatan, sebagai seragam pegawai perwakilan Indonesia di negara tersebut.

"Saya sangat bangga, KDEI Taiwan menggenakan seragam kerja berbahan jumputan khas Palembang," kata pelestari dan perancang busana berbahan kain khas Palembang Tria Gunawan di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pemakaian seragam berbahan kain jumputan itu tentunya atas prakarsa Kepala KDEI Taiwan, Arief Fadillah.

Sebagai salah satu upaya mengenalkan kekayaan Nusantara salah satunya tekstil khas kota pempek, tambahnya.

Ia mengatakan, kain jumputan juga merupakan salah satu produk tekstil andalan Kota Palembang.

Dalam kesempatan menjadi peserta pameran "Remarkable Indonesia" di Taipei, 31 Agustus sampai 3 September juga mengandalkan busana jumputan untuk ditawarkan kepada pengunjungan kegiatan promosi dan pengenalan beragam produk nusantara, katanya.

Dia menjelaskan, dukungan yang luar biasa dari Kementerian Perdagangan termasuk KDEI Taiwan mengenalkan produk asli Indonesia, seperti jumputan Palembang menjadi pemicu bagi perancang busana lebih giat berkarya.

Apalagi, dalam kesempatan pameran di Taipei, pihaknya dilibatkan dalam penjurian lomba busana batik yang diselenggarakan KDEI Taiwan dengan peserta mayoritas penduduk asli Taipei, ujarnya.

Tria menambahkan, mengenalkan seluas-luasnya karya anak negeri kesegala penjuru dunia akan mampu mendorong kreatifitas dan kinerja perajin dan perancang beragam busana dengan kain khas daerah.

Karena itu, semakin banyak kesempatan mempromosikan produk tersebut akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, tambahnya.