OJK targetkan serap dana melalui "branchless banking"

id laku pandai, branchless banking, ojk, targetkan serap dana pihak ke tiga melalui branchless banking, laku pandai

OJK targetkan serap dana melalui "branchless banking"

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Masyarakat yang belum tersentuh bank diharapkan dapat menyimpan uangnya melalui Laku Pandai atau 'branchless banking'...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan dapat menyerap dana pihak ketiga sebesar Rp200 triliun dalam lima tahun ke depan dari program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) atau 'branchless banking'.
        
"Ini harus diterapkan. Kita optimistis dalam lima tahun akan terkumpul DPK sebesar Rp200 triliun," kata Kepala Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Gandjar Mustika dalam sebuah seminar di Jakarta, Senin.
          
Gandjar menuturkan, saat ini pihaknya telah mendapatkan beberapa masukan setelah melakukan diskusi denga berbagai pihak seperti para ahli, asosiasi, akademisi dan industri perbankan terkait rancangan Peraturan OJK (POJK) mengenai program Laku Pandai tersebut.
        
"Masukan ini nantinya akan diolah dan dibawa ke rapat Dewan Komisioner. Akhir tahun, dan kita akan keluarkan aturannya," kata Gandjar.
         
OJK kini tengah meminta pada bank dan perusahaan telekomunikasi yang mengikuti program Laku Pandai untuk dapat saling berbagi biaya sehingga nasabah tidak dikenai biaya sepeserpun
   
Di samping itu, pemerintah juga diharapkan memberikan subsidi atau memberikan insentif pada perbankan.
        
Gandjar berharap, dengan kontribusi dari industri perbankan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.
        
"Masyarakat yang belum tersentuh bank diharapkan dapat menyimpan uangnya melalui Laku Pandai ini," ujar Gandjar.