Pemkab Musirawas buka jalan Tapos-Napal Meintang

id jalan, jalan baru

Pemkab Musirawas buka jalan Tapos-Napal Meintang

Jalan baru (Foto: Antarasumsel.com/14/E Permana)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengusulkan akan membuka akses jalan tembus dari Kecamatan Tapos, Kabupaten Lebong, Bengkulu-Napal Melintang, Musirawas sepanjang 12 kilomter.

Bila akses jalan lintas provinsi itu sudah terbuka, maka transportasi hasil perkebunan dan peranian ke dua wilayah itu akan lancar dan dapat mempersingkat jarak tempuh Bengkulu-Musirawas, kata Bupati Musirawas H Ridwan Mukti di Curup, Minggu.

"Saya sekarang sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong untuk membuka akses jalan tersebut, untuk memperpendek jarak tempuh antara Kabupaten Lebong-Musirawas sekitar 100 ki,omter," katanya.

Saat ini jarak Kabupaten Lebong-Musirawas sekitar 250 kilomter karena harus melewati Kota Curup, Kabupaten Lejang Lebong, namun bila akses jalan itu sudah dibuka akan ada jalan baru yang menghubungkan Bengkulu-Musirawas.

Namun kendalanya saat ini kawasan itu masuk dalam kawasan hutan lindung, sedangkan hutannya sudah gundul dirambah masyarakat hingga ke Desa Napal Melintang, Musirawas.

Bila jalan itu dibuka, konsekwensinya pemerintah kedua daerah itu harus menjaga kawasan hutan yang masih ada dan menghijaukan kembali kawasan yang sudah gundul tersebut serta membuat pos keamanan terpadu.

Bila jalan itu sudah terbuka dampak lainnya bisa memperlancar pemasaran jeruk unggulan Lebong jenis Gerga ke berbagai provinsi di Sumatera karena selama ini jalan menghubungkan Kabupaten Lebong-Jalan Lintas Sumatera satu-satunya lewat Kabupaten Rejang Lebong, ujarnya.

Bupati Lebong Rosjonsyah melalui Kepala Dinas PU Edi Ramlan mengatakan rencana pembukaan jalan lintas provinsi itu sudah lama dirintis, namun selama ini terkendala melintasi kawasan hutan.

Jika pembangunan jalan Tapos- Napal melintang dapat direalisasikan dalam waktu dekat, maka arus transportasi darat antara kedua kabupaten itu dapat berjalan baik dan lancar.

Dengan demikian, masyarakat Lebong yang akan pergi ke Jawa, Medan dan kebeberapa kota di sumatera lainnya tidal lagi melewati Kota Curup lalu ke Lubuk linggau yang jaraknya mencapai ratusan kilo meter.

Saat ini jalan dari Rimbo Pengadang- Tapos sebagian sudah beraspal hotmix sehingga tinggal menembuskan ke wilayah Napal Melintang, Musirawas sepanjang 12 kilo meter namun bila kedua pemerintah daerah itu sudah sepakat ia optimis rencana pembukaan jalan itu akan teralisasi.

Salah seorang tokoh masyarakat Tapos Maharani mengatakan kalau program tersebut bisa terwujud, maka Kabupaten Lebong akan berkembang dan maju pesat ke depan karena akses perekonomi masyarakat di beberapa kecamatan akan meningkat. Biasa saja berbagai jenis produk yang dihasilkan petani Lebong dapat dijual ke beberapa kabupaten di Sumatera Selatan, Jambi bahkan ke Pulau jawa.

"Kami sudah sejak lama mengharapkan jalan itu terbuka, sehingga produksi pertanian dari Lebong dapat dipasarkan keMmusirawas dan Lubuklinggau," ujarnya.