Wali Kota Masyarakat ikut amankan Bukit Sulap

id sepeda, sepeda gunung

Wali Kota Masyarakat ikut amankan Bukit Sulap

Sejumlah atlet sepeda gunung (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan SN Prana Putra Sohe mengharapkan masyarakat ikut menjaga dan mengamankan di sekitar Bukit Sulap setempat karena di kawasan itu akan diadakan kegiatan Internasional Nopember 2014.

Kegiatan internasional lomba sepeda gunung tingkat Asian ( Asian Mountain Bike-AMB) yang akan diikuti utusan belasan negara, dengan demikian tingkat keamanan harus jerjamin sehingga peserta tidak menjadi sasaran penjahat, kata Wali Kota SN Prana Putra Sohe, Kamis.

Ia mengatakan, selama ini kawasan obyek wisata Bukit Sulap sudah ada pengamanan, tapi sialnya ada salah seorang warga asing menjadi sasaran perampokan pekan lalu, sehingga barang miliknya hilang dan terluka bagian paha akibat ditembak penjahat.

Peristiwa tersebut hendaknya jangan sampai terulang dan betul-betul aman bila ada pengunjung ke kawasan tersebut , apa lagi momen acara tingkat Internasional akan digelar di kawasan Bukit Sulap bulan Nopember 2014.

"Saya akan koordinasi dengan Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Cristian Lumban Gaol masalah peningkatan keamanan di wilayah Bukit Sulap dan obyek wisata lainnya di wilayah itu, jangan sampai tamu-tamu dari negara asing nantinya menjadi mangsa penjahat," katanya.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dover Christian Lumban Gaol menyatakan, tidak mau kecolongan lagi atas terjadinya tindak kejahatan yang dialami masyarakat lokal maupun pendatang di wilayah hukumnya, apa lagi menjelang event Internasional Asian Mountain Bike (AMB) dikawasan objek wisata Bukit Sulap dua bulan mendatang.

"Kami akan mensetting system keamanan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, sistem keamanan itu rencananya diterapkan dengan menempel langsung masing-masing peserta mulai dari penginapan, arena lomba hingga sampai selesai event tersebut," ujarnya.

Ia sudah menurunkan tim survei lokasi mana saja yang rawan kriminal dan akan minta sskema rute lomba kepada wali Kota SN Prana Putra Sohe mulai dari start sampai finish untuk dijadikan bahan dalam system keamanan yang akan diterapkan.

Selain itu, sudah menyiapkan anggota yang akan mengawal disetiap regu peserta masing-masing dua orang, diharapkan dengan pola tersebut tidak menyulitkan komunikasi ketika berada dilapangan dan komponen masyarakat bisa bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lubuklinggau, Yana Pardianan mengatakan pihaknya dalam menyambut event AMB akan bentuk kelompok sadar wisata yang bertugas sebagai pemandu wisata, dengan tenaga paling sedikit 20 orang yang akan membantu peserta ke atas lokasi lomba yakni di Bukit Sulap tersebut.

Sedangkan untuk keamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot dan Polres Lubuklinggau guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung ataupun peserta karena even tersebut cukup bergengsi, ujarnya.