Legislator prihatin tindak kriminal di Lubuklinggau tinggi

id perampokan, dewan prihatian tingginya angka kriminal

Legislator prihatin tindak kriminal di Lubuklinggau  tinggi

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menyatakan keprihatinannya atas tingginya tindak kriminal di wilayah itu sehingga membuat takut para pendatang, khususnya wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Padahal kunjungan para wisatawan dan pebisnis ke sini akan mendatangkan PAD bagi Kota Lubuklinggau. Jika kondisi keamanan seperti sekarang, bagaimana mungkin mereka akan datang,  Warga setempat pun takut," kata Yulius salah seorang Anggota Komisi II DPRD Lubuklinggau, Sabtu.

Ia mengakui pemerintah Kota Lubuklinggau sudah berupaya menekan tindak kriminal di wilayah itu yaitu dengan menganggarkan dana miliaran rupiah kepada instansi berwenang dengan menghibahkan armada maupun bangunan kepada Polres setempat, dengan harapan stabilitas keamanan dapat terjamin.

Dengan kejadian percobaan perampokan terhadap warga asing di obyek wisata Bukit Sulap setempat beberapa hari lalu, katanya, hal itu sangat mencoreng nama Lubuklinggau di mata nasional maupun internasional dan situasi keamanan di wilayah itu menjadi pertanyaan bagi semua orang.

Oleh karena itu, dia berharap agar kerja sama yang dijalin pemerintah kota Lubukliggau kepada berbagai instansi berwenang khususnya hendaknya berjalan baik, karena anggaran untuk itu sudah cukup besar.

Mestinya ada aparat keamanan khusus baik yang berseragam maupun berpakaian preman yang ditugaskan pada beberapa obyek wisata, terutama yang rawan tindak kejahatan apa.

"Bukankah pemerintah kota sudah membantu CCTV yang setiap saat dimonitor petugas Polres setempat, dengan harapan kinerja aparat meningkat, bukan sebaliknya," katanya.

Aksi penodongan di obyek wisata Bukit Sulap beberapa hari lalu menjadi preseden buruk bagi Kota Lubuklinggau secara nasional dan berdampak pada "Visit Linggau" mulai 2015.

"Kegiatan Visit Linggau 2015 bisa batal bila kondisi keamanan tidak kondusif. Aparat harus segera ambil langkah melalui koordinasi lagi dengan pihak terkait dan perlu ditingkatkan lagi," katanya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Christian Lumban Gaol mengatakan peristiwa percobaan perampokan terhadap wisatawan pada obyek wisata setempat sangat tidak diharapkan, namun kejadian itu bisa menjadi pembahasan bersama terkait Kamtibmas di wilayah Lubuklinggau.

Ia berjanji akan meningkatkan keamanan di seluruh titik rawan kriminal termasuk pada obyek wisata.

Terkait dengan insiden tersebut, dia mengatakan, selama ini sudah disebar petugas ke lapangan, namun kebetulan pada saat peristiwa terjadi perampokan, sedang terjadi pergantian petugas.

"Ke depan kita akan tempatkan pos khusus di setiap obyek wisata termasuk di kawasan Bukit Sulap bila perlu dipasang CCTV untuk memantau seluruh kegiatan di lokasi tersebut," katanya.