Lembaga penelitian OKU gelar pelatihan "Gersang"

id oku, pelatihan gersang

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Lembaga Penelitian Pengembangan Pembangunan Dampak Lingkungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar pelatihan Gerakan Sadar Lingkungan atau Gersang Jurnalisme Lingkungan Hidup di Baturaja, Jumat.

"Kegiatan dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Universitas Baturaja (Unbara) diikuti 40 peserta dari kalangan masyarakat dan mahasiswa," kata Direktur Lembaga Penelitian Pengembangan Pembangunan Lingkungan (LP3L) Ogan Komering Ulu (OKU), Yunizir Djakfar.

Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan progaram kerja LP3L yang dilaksanakan setiap tahun.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk nyata LP3L untuk memberikan pendidikan tentang lingkungan hidup dan menciptakan masyarakat dan mahasiswa yang peduli lingkungan hidup. Jadi masyarakat harus peduli lingkungan," kata Yunizir.

Menurut dia, dengan banyaknya yang memahami lingkungan hidup akan semakin bermunculan kader siap menjaga dan melestarikan lingkungan hidup khususnya di Kabupaten OKU.

"Tentunya untuk kenyamanan bersama dan menyelamatkan lingkungan kita, bisa mulai dari hal kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon di halaman rumah," katanya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Pemkab OKU Taufik menyambut baik kegiatan dilaksanakan LP3L dan selaku pemerintah daerah juga mendukung guna menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan tertata baik.

Ia berharap, dengan kegiatan seperti ini akan semakin banyak dan tumbuhnya kader yang akan mengawal keutuhan lingkungan di OKU.

"Tugas menjaga lingkungan hidup ini, merupakan tugas kita semua," kata Taufik.