Pemkot Palembang pastikan PLTGM Borang beroperasi

id harnojoyo, wakil wali kota palembang

Pemkot Palembang pastikan PLTGM Borang beroperasi

Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Mesin Borang akan dioperasikan, meskipun sampai kini masih mengalami beragam masalah.

"Kami targetkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Mesin (PLTGM) Borang segera beroperasi sehingga energi yang dihasilkan dapat dijual ke PLN," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Rabu.

Menurut dia, belum beroperasinya PLTG Borang tersebut selama ini telah menimbulkan beragam spekulasi, seperti pembatalan operasional dan penjualan kepada pihak ketiga.

Padahal, modal besar lebih dari Rp100 miliar telah dikecurkan untuk membangun PLTGM yang merupakan unit usaha PT Sarana Pembanguna Palembang Jaya (SP2J) atau BUMD milik pemkot, tambahnya.

Ia mengatakan, operasional pembangkit tersebut ditargetkan terealisasi pada 2015.

Dengan harapan beroperasi dan terjualnya energi yang dihasilkan akan memudahkan pembayaran hutang modal secara bertahap, katanya.

Dia menjelaskan, PLTGM merupakan aset produktif milik pemkot setempat.

Tentu, pihaknya akan berupaya optimal mengembangkan usaha yang bergerak dibidang pemasok energi listrik tersebut, ujarnya.

Harnojoyo menambahkan, bertahap pihaknya juga akan mendorong PT SP2J menjadi perusahaan sehat.

Karena, beragam unit usaha yang telah dijalani, seperti bus transmusi, gas kota dan pengelolaan rumah susun sewa sangat dibutuhkan masyarakat kota pempek, tambahnya.