Palembang kaji pemekaran kecamatan

id wali kota, harnojoyo

Palembang kaji pemekaran kecamatan

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang mulai mengkaji pemekaran dua kecamatan di daerah itu dengan melakukan survei, pendataan ulang jumlah penduduk dan pembuatan peta baru kawasan.

"Pemekaran dua kecamatan yaitu Seberang Ulu I dan Ilir Timur II mendesak untuk dilakukan mengingat jumlah penduduk yang tergolong padat dan wilayahnya juga cukup luas," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Rabu.

Menurut dia, saat ini Kota Palembang memiliki 16 kecamatan yang tersebar empat di kawasan seberang ulu dan 12 seberang ilir.

Dua kecamatan yang akan dimekarkan tersebut mendesak direalisasikan guna mendukung terlaksananya pelayanan optimal kepada masyarakat, tambahnya.

Ia mengatakan upaya mendorong percepatan realisasi pemekaran itu dilakukan dengan melaksanakan pengkajian, survei dan pendataan baru serta pembuatan peta.

Tentunya, pemekaran tersebut menjadi upaya menjadikan warga kota pempek lebih baik, katanya.

Dia menjelaskan jumlah penduduk kota yang di belah Sungai Musi mencapai 1,6 juta jiwa tersebut membutuhkan pelayanan optimal dari pemkot.

Karena itu, pemekaran menjadi salah satu komitmen meningkatkan pelayanan kepada penduduk kota yang dikenal dengan Jembatan Ampera, ujarnya.

Harnojoyo menambahkan pemekaran kecamatan ditargetkan terealisasi tahun 2015.

Beragam persyaratan telah disiapkan untuk program pemekaran kecamatan menjadi 18 teritori itu, tambahnya.