BKBPP Musi Banyuasin galakkan pelayanan KB gratis

id muba, bkbpp, pemkab muba, kb, keluarga berencana

BKBPP Musi Banyuasin galakkan pelayanan KB gratis

Pelayanan KB di Kabupaten Muba (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sekarang ini perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya menggalakkan pelayanan KB gratis guna meningkatkan kesadaran masyarakat setempat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

"Kesadaran masyarakat untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) masih rendah. Melihat kondisi tersebut digalakkan program pelayanan KB gratis di kawasan permukiman penduduk," kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Mufasirin Abdullah di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sekarang ini perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya sehingga bisa seimbang dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan mengikuti program KB, selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak, diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Melihat besarnya manfaat program KB tersbeut, jajaran BKBPP Muba terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dengan mensosialisasikan pentingnya program KB ke kawasan permukiman penduduk hingga pelosok desa.

Selain itu, program pelayanan KB gratis akan terus digalakkan dengan menurunkan unit layanan keliling yang akhir-akhir ini mulai mendapat sambutan positif, terbukti setiap digelar di kawasan permukiman penduduk selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Pelayanan KB gratis baru-baru ini dilakukan di wilayah Kecamatan Sungai Lilin dengan sasaran 25 orang mendapatkan pelayanan KB Suntik, 60 orang KB implant, 10 Kondom, 13 orang mendapatkan pil KB dan delapan orang mendapatkan IUD dengan total pelayanan diberikan kepada 116 warga.

Selain memberikan pelayanan KB gratis, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengikuti program pelayanan pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu, pihaknya juga berupaya menggelar Lomba Desa Keluarga Berencana, kata Mufasirin.