Kemendag bantu perbaikan pasar tradisional

id permana, kadisperindag sumsel

Kemendag bantu perbaikan pasar tradisional

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana ((Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Perdagangan membantu perbaikan pasar tradisional di beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Selatan dengan memberikan dana sekitar Rp29 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Permana di Palembang, Selasa, membenarkan adanya bantuan dari Kemendag untuk perbaikan pasar tradisional tersebut.

Permana mengakui pihaknya memang mengusulkan kepada pemerintah pusat bantuan pendanaan perbaikan pasar tradisional tersebut.

"Bantuan dana tersebut dialokasikan untuk membantu perbaikan beberapa pasar tradisional yang ada di kabupaten dan kota di Sumsel," katanya.

Menurut dia, di Sumsel sendiri pasar yang akan direhabilitasi antara lain Palembang, Lubuklinggau dan Muaraenim. Jumlah pasar yang akan direhabilitasi sekitar satu hingga dua pasar atau sesuai kebutuhan.

Kriteria pasar yang akan diperbaiki tersebut antara lain ramai pengunjung dan kondisi fisik yang memang sudah memerlukan perbaikan.

"Yang jelas dengan diperbaikinya pasar tradisional tersebut maka pembeli akan semakin nyaman berbelanja," ujar dia.

Untuk tahun 2015, pihaknya akan mengusulkan kembali perbaikan pasar tradisional sehingga tempat jual beli itu semakin nyaman.

"Pasar tradisional merupakan tempat belanja yang biasanya dikunjungi ibu-ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehingga kondisi diupayakan nyaman," katanya.