DPRD Sumsel bahas enam Raperda inisiatif dewan

id dprd, dprd sumsel

DPRD Sumsel bahas enam Raperda inisiatif dewan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan memutuskan untuk membahas enam rancangan peraturan daerah inisiatif dewan yang sudah diprogramkan dalam badan legislasi 2014.

"Tadi di dalam rapat badan musyawarah (Banmus) kita putuskan untuk membahas enam rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif dewan," kata Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan, MA Gantada di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pada rapat Banmus diputuskan selain membahas raperda tentang APBD Sumsel juga raperda-raperda dari eksekutif dan enam raperda inisiatif dewan.

"Jadi, kita bahas semuanya, mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa diselesaikan dan tentunya kita minta juga rekan-rekan anggota dewan periode 2009-2014 kerjanya harus lebih ekstra menjelang akhir masa jabatan," katanya.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan supaya jangan ada masalah lagi dan ini tanggung jawab dan beban masa jabatan.

Sementara mengenai mengapa enam raperda itu dibahas padahal sebelumnya tidak akan dibahas, ia menyatakan, setelah dikaji salah satu tugas perda inisiatif dewan badan legislasi.

"Kita berharap bisa menjalankan tugas itu sampai akhir masa jabatan ini dengan hasil-hasil yang baik dan tuntas, jangan sampai ada terhutang," ujar wakil rakyat tersebut.

Sebelumnya Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo menuturkan, DPRD Sumatera Selatan periode 2009-2014 tidak akan membahas enam rancangan peraturan daerah inisiatif dewan yang sudah dimasukkan dalam program badan legislasi tahun 2014, dengan alasan terbatasnya waktu.

"Untuk membahas enam rancangan peraturan daerah inisiatif dewan itu waktunya tidak sempat lagi sekarang ini," paparnya.

Enam raperda inisiatif dewan yang akan dibahas tahun 2014 itu antara lain tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, raperda tentang pengelolaan sampah, raperda mengenai penyelenggaraan kearsipan, raperda pemberdayaan masyarakat dan mengenai kepemudaan.

Sebagaimana diketahui pelantikan anggota DPRD Sumsel yang baru akan dilaksanakan pada 24 September 2014.