Pemkot Palembang kembangkan kawasan agropolitan

id harnojoyo, wakil wali kota palembang

Pemkot Palembang kembangkan kawasan agropolitan

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang terus mengembangkan kawasan agropolitan Pulokerto di Kecamatan Gandus yang kini telah menjadi pusat pembibitan ikan dan budidaya tanaman beragam buah, seperti mangga dan rambutan.

"Agropolitan ini, merupakan aset pemkot yang harus dikembangkan agar menjadi pusat buah-buahan dan tanaman langka serta pembibitan ikan," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Kamis.

Menurut dia, agropolitan bukan hanya menjadi area untuk menanamkan beragam pohon produktif.

Namun, kata dia, juga menjadi hutan milik pemkot untuk menjaga penghijauan di Kota Pempek.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan anggaran guna mengembangkan kawasan yang berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Palembang.

Karena itu, secara bertahap akan dilakukan pemeliharaan tanaman dan ikan serta pengembangan kawasan agropolitan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang Harrey Hariadi menjelaskan kalau lahan agropolitan seluas sekitar 40 hektare itu telah menjadi andalan penghijauan di daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait menjadi kawasan itu sebagai pusat kajian beragam jenis komoditas pertanian, perkebunan, dan perikanan air tawar, ujarnya.

Dia menambahkan, upaya mengembangkan kawasan itu tentu telah dilaksanakan secara bertahap.

Pembangunan berbagai sarana termasuk mengoptimalkan kolam-kolam pembibitan ikan dan penanaman pohon produktif telah dilaksanakan, tambahnya.